Sukses

Info

Serba-serbi ANBK yang Harus Kamu Ketahui

Fimela.com, Jakarta ANBK adalah singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer. Seperti dikutip dari laman Direktorat SMP Kemdikbud Ristek, ANBK adalah evaluasi yang dilakukan pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah.

ANBK 2021 akan digelar secara online dan semi online. ANBK online mengharuskan peserta memiliki akses internet yang stabil dan komputer proctor untuk membuka token, seperti dilansir dari beberapa sumber.

Sedangkan ANBK semi online tidak mengharuskan peserta memiliki askes internet secara langsung. Komputer klien akan terhubung dengan komputer proctor yang memiliki akses internet.

Menurut laman Kemendikbud, Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kessetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Asesmen Nasional mutu satuan pendidikan akan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar, seperti literasi, numerasi, dan karakter, kualitas proses belajar-mengajar, dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

 

1. Asesmen Kompetensi Minimum

AKM akan diikuti oleh peserta didik untuk tujuan mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif.

2. Survei Karakter

Survei Karakter akan diikuti oleh peserta didik dan guru untuk mengukur sikap, kebiasaan, nilai-nilai sebagai hasil belajar non-kognitif.

3. Survei Lingkungan Belajar

Akan diikuti oleh kepala satuan pendidikan guna mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran. Asesmen Nasional tidak sama dengan ujian nasional, baik dari sisi fungsi maupun substansi. Asesmen Nasional ini juga bukan sistem evaluasi bagi individu siswa, karena evaluasi kompetensi peserta didik menjadi tanggung jawab guru dan sekolah.

Di dalam Asesmen Nasional akan terdapat soal dalam bentuk pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian. Kemdikbud menyediakan aplikasi AKM Kelas yang ditujukan untuk tenaga pendidikan yang memerlukan kumpulan soal yang sudah jadi.

AKM Kelas tidak akan menjadi bagian dari sistem evaluasi dari satuan pendidikan. Aplikasi tersebut dihadirkan untuk membantu guru agar bisa melakukan pembelajaran sesuai kemampuan murid.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan.

    ANBK

  • elevate women

Loading