Sukses

Info

Kemenkes Ungkap Perkiraan Jadwal Vaksin COVID-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Fimela.com, Jakarta Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dr. Siti Nadia Tarmizi mengungkap kemungkinan tercepat pelaksanaan vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun akan dimulai pada Januari 2022.

Hal tersebut karena stok vaksin yang ada saat ini hanya untuk kategori usia lainnya yang belum digunakan. Mengingat masih banyak lansia pula yang belum mendapatkan vaksinasi COVID-19.

“Paling cepat kita bisa memulai vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun itu di Januari ataupun Februari 2022," ujar Nadia dalam webinar Libur Nataru dan Varian Baru Strategi Cegah Gelombang ke-3 Pandemi COVID-19, Selasa (16/11/2021).

Nadia menjelaskan, sejak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI telah mengeluarkan izin penggunaan darurat (EUA) untuk vaksin anak usia 6-11 tahun, target vaksinasi pun bertambah. Sebelumnya, target vaksinasi RI berada pada angka 208 juta.

Dengan adanya penambahan rentang usia yakni pada kategori 6-11 tahun, maka target vaksinasi COVID-19 pun akan bertambah sekitar 26 hingga 27 juta.

"Nah, ini yang tentu artinya tambahan lagi untuk vaksinnya. Itu kurang lebih kalau kita berbicara nih sekitar 58-59 juta. Ini yang belum teralokasi dari vaksin yang saat ini sudah kita pesan dan sudah disetujui oleh produsen vaksin," kata Nadia.

Itulah mengapa vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun baru bisa dilaksanakan pada Januari atau Februari 2022 mendatang. Pelaksanaan vaksinasi untuk kategori usia tersebut pun nantinya akan diinformasikan lebih lanjut.

Lengkapi imunisasi rutin

Dalam kesempatan yang sama, Nadia pun mengingatkan para orangtua agar melakukan kewajiban untuk menambah proteksi pada putra dan putri mereka yakni dengan melengkapi imunisasi rutin lainnya.

"Sementara yang paling penting ini kami mengingatkan untuk anak-anak usia 6-11 tahun ini kan masih menerima imunisasi rutin. Nah, ini yang harus dilakukan oleh para orangtua sambil menunggu vaksin COVID-19," ujar Nadia.

"Imunisasi rutinnya dilengkapi, karena banyak juga anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi rutin seperti campak, polio, hepatitis yang memang harus mereka terima setiap tahunnya," tambahnya.

Menurut Nadia, imunisasi rutin pada anak akan memberikan proteksi lebih. Jadi sembari menunggu vaksinasi COVID-19, ada baiknya bagi para orangtua untuk melengkapi imunisasi-imunisasi tersebut.

 

Sumber: Liputan6.com

Reporter: Diviya Agatha

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading