Sukses

Info

Ketetapan Menteri Nadiem Makarim untuk Melaksanakan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional 2021

Fimela.com, Jakarta Hari Guru Nasional dirayakan setiap 25 November. Momen ini menjadi pengingat kita akan jasa para guru dan memberikan penghargaan telah memberikan ilmunya.

Biasanya, Hari Guru diperingati dengan upacara bendera, sesuai ketetapan yang sudah dibuat dan disebarluaskan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim pada 19 November 2021.

Upacara ini mengikuti isi Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 tentang HUT PGRI yang juga Hari Guru Nasional. Upacara bendera akan dilakukan Kementerian pada pukul 08.00 WI secara tatap muka terbatas dengan memperhatikan protokol kesehatan.

"Pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan Pemerintah tapa mengurangimakna, semangat, dan kekhidmatan acara," bunyi himbau tersebut dikutip dari laman kemdikbud.go.id.

Instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri yang berada dalam wilayah zona aman dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 dan 2 diperkenankan untuk menyelenggarakan upacara bendera secara tatap muka minimalis dan terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan Pemerintah dan berpedomanpada ketentuan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (pedoman penyelenggaraan upacara terlampir).

Sedangkan untuk instansi dan satuan pendidikan di daerah yang berada dalam wilayah dengan Pemberlakuan PembatasanKegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 dan 4, diimbau untuk mengikuti jalannya upacara bendera melalui siaran langsung di kanal Youtube Kemendikbud RI dan saluran TV Edukasidari rumah/tempat tinggal masing-masing.

Tema dan Logo

Tema peringatan Hari Guru Nasional 2021 adalah "Bergerak dengan hati, pulihkan pendidikan." Ada perbedaan logo antara guru madrasah di bawah binaan kemenag dengan logo yang dirilis Kemdikbud.

Makna logo Hari Guru Nasional yang dirilis oleh Kemenag:

Bentuk logo yang berupa ilustrasi guru memeluk murid maknanya sebagai bentuk kepedulian guru terhadap pendidikan untuk melahirkan murid yang cerdas, berkarakter, dan berwawasan luas.

Warna logo memiliki makna sebagai representasi sifat-sifat yang sebaiknya dimiliki guru.

Warna kuning bermakna menghadirkan keceriaan dan rasa optimis

Warna hijau bermakna guru dapat menghadirkan keharmonisan dan sifat-sifat religius pada murid-murid.

Warna biru bermakna guru seyogyanya dapat menampilkan kecerdasan dan kebijaksanaan.

warna orange bermakna guru diharapkan dapat menghadirkan rasa hangat, simpati, dan empati pada murid-murid.

Sementara makna logo Hari Guru Nasional versi kemendikbud adalah sebagai berikut:

Logo Hari Guru Nasional 2021 dari kemdikbud:

Semangat belajar yang tetap menyala di tengah kondisi pandemik

Elemen-elemen desain yang terdiri dari figur pak guru, ibu guru, serta siswa dan siswi yang digambarkan sedang memakai masker, tampak dinamis dan ceria dalam menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Pemanfaatan teknologi digambarkan dengan simbol-simbol wi-fi, laptop, telepon seluler, serta aplikasi telekonferensi, yang memiliki relevansi kuat dengan kondisi aktual saat ini sebagai alat penunjang kegiatan belajar mengajar.

Bentuk hati, menggambarkan seluruh komponen pendidikan mulai dari guru, murid, hingga orang tua, yang bersinergi menciptakan semangat belajar yang merdeka dan penuh cinta guna memberikan hasil yang terbaik untuk dunia pendidikan di Indonesia.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading