Sukses

Info

3 Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Kipas angin menjadi salah satu pilihan yang digunakan jika membeli AC masih terbilang cukup mahal. Selain itu kipas angin sendiri memiliki harga yang sangat terjangkau dan lebih menghemat biaya listrik disbanding memakai AC setiap hari.

Selain itu bagaimana jadinya bila kipas angin yang kita gunakan berhenti berputar? Hal ini tentu akan membuat kita kepanasan saat siang hari.

Namun kamu jangan khawatir dan mengambil keputusan untuk membuang kipas angin yang tidak mau berputar. Kamu justru perlu mencari tahu penyebab kipas angin tidak berputar. Untuk itu berikut di bawah ini beberapa penyebab kipas angina tidak berputar dan cara mengatasinya:

Penyebab Kipas ANgin Tidak Berputar

1 Kapasitor Melemah

Penyebab paling umum kipas angina tidak berputar adalah kapasitor yang melemah. Selain itu kapasitor yang melemah akan mengurangi kecepatan baling-baling kipas dan membuatnya tidak bisa berputar secara normal seperti biasanya. Selain itu kamu juga dapat mengecek kapasitor untuk mengetahuinya.

2. Bearing Aus atau Bushing Kipas Angin

Kemudian penyebab selanjutnya adalah kondisi bearing atau bushing kipas angin sudah mulai aus. Hal ini tentu membuat kipas angin tidak mau berputar atau bekerja. Kamu juga perlu mengganti bearing baru ketika bearing kipas angin mulai aus.

3. As Motor Aus

Penyebab lainnya kipas angin tidak berputar adalah as motor kipas angin dengan stator (plate spul) sudah tidak berada di tengah-tengah. Hal ini dikarenakan motor depan dan belakang sudah penyok, sehingga as motor menempel pada stator.

Cara Mengatasi Kipas Angin Tidak Berputar

Sebelum memperbaikinya kamu perlu mencari tahu penyebab kipas angin tidak mau berputar. Berikut di bawah ini cara mengatasi kipas angin tidak berputar:

1. Membongkar Kipas Angin

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membongkar kipas angin. Selain itu kamu perlu menyiapkan peralatan seperti obeng dan lainnya. Pastikan membongkar kipas angin dengan perlahan dan hati-hati.

2. Lihat Penutup Dinamo

Selanjutnya kamu juga dapat membuka penutup motor dinamo. Kemudian kamu dapat membuka bautnya dan mengeluarkan stator (plate) dan as motor. Kamu perlu melakukannya dengan berhati-hati, jangan sampai membuat gulungan tersebut putus.

3. Mencari Bearing atau Bushing Kipas Angin

Jika penyebab kipas angin tidak berputar karena bearing atau bushing. Kamu dapat mengecek dengan memasukkan as motor ke bearing atau bushing lalu goyang ke kanan ke kiri. Biasanya terdapat kelonggaran yang menandakan bearing/bushing sudah aus. Kemudian kamu dapat melepaskan bearing/bushing dan ganti dengan yang baru.

4. Membersihkan Kotoran

Kamu juga perlu membersihkan kotoran pada baling-baling kipas angin jika dirasa kekuatan berputar kipas angin melemah. Hal ini bertujuan agar kotoran tersebut tidak masuk dan menyangkut pada mesin maupun baling-balin yang dapat menyebabkan kipas angin tidak mau berputar.

5. Pasang Kipas Angin

Jika langkah diatas sudah kamu coba, maka kamu perlu memasang kipas angin secara benar.

6. Cek dan Nyalakan Kipas Angin

Langkah terakhir kamu hanya perlu mengecek dan menyalakan kipas angin. Hal ini juga harus kamu lakukan untuk memastikan kipas telah berhasil dibenarkan.

Itulah beberapa penyebab kipas angin tidak mau berputar dan cara mengatasinya. Namun kamu juga perlu merawat kipas angin dengan rutin membersihkan, memastikan kabel, dan jangan terkena air. Perlu kamu tahu penggunaan kipas angin yang berlebihan juga membuah ia tidak mau berputar lho. Semoga informasi diatas dapat berguna dan bermanfaat untuk kamu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading