9 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin yang Sangat Menganggu

Vania Al kautsar02 Des 2021, 20:19 WIB
Diperbarui 02 Des 2021, 20:27 WIB
Mobil - Vania

Fimela.com, Jakarta Ketika kamu akan bepergian menggunakan mobil dan menyadari bahwa AC mobil tidak berfungsi dengan baik, tentu akan membuat kamu marah. Terlebih saat kita terburu-buru dan melihat AC mobil tidak dingin akan membuat hari-hari menyebalkan.

Ternyata penyebab AC mobil tidak dingin, masalah yang paling umum adalah adanya kebocoran atau masalahg kompresor. Selain itu mungkin juga terdapat masalah filter yang tersumbat, masalah kipas pendingin, radiator bermasalah, dan sebagainya.

Mobil yang pengap atau AC yang tidak dingin tentu membuat kita nyaman. Sebelum kamu memperbaiki AC mobil yang tidak dingin ke bengkel. Alangkah baiknya jika mengetahui penyebab yang dapat membuat AC tidak dingin. Berikut beberapa penyebab AC tidak dingin yang perlu kamu tahu:

1. Kompresor AC

perempuan naik mobil
ilustrasi perempuan dewasa bahagia/senivpetro/freepik

Kompresor AC memiliki fungsi untuk memberi tekanan dan memutar refrigerant sistem. Komponen ini juga memiliki fitur kopling magnet, yang diaktifkan saat ada input yang diaktifkan atau elektronik.

2. Kondensor

Kondensor sistem AC merupakan perangkat tipis seperti radiator yang dipasang di belakang panggangan kendaraan. Ketika udara melewati kondensor, zat pendingin akan berubah dari gas menjadi cair, sehingga hal ini dapat membuat panas.

3. Pengering / Akumulator

Selanjuntya hal ini tergantung pada jenis sistem AC yang digunakan, kendaraan yang kamu gunakan memiliki fitur akumulator atau receiver dryer. Yang pertama dari perangkap ini ditemukan sistem tabung orifice, sedangkan yang terakhir adalah komponen utama dalam sistem katup ekspansi.

4. Refrigeran Mobil Bocor

5 Mobil Pilihan untuk Kerja, Antar Sekolah dan Keliling Kota
5 Mobil Pilihan untuk Kerja, Antar Sekolah dan Keliling Kota

Kebocoran refrigerant dapat terjadi pada titik manapun dalam proses pengkondisian udara sehingga terkadang sulit untuk menentukan lokasi kebocoran yang tepat. Tempat yang paling umum terdapat kebocoran adalah pada sambungan selang unit AC. Jika kamu melihat zat berminyak yang menumpuk di sekitar sambungan ini, kemungkinan hal tersebut merupakan sumber kebocoran.

5. Kondensor di Blokir

Kondensor merupakan unit pendingin udara kendaraan yang sehirasunya dapat didinginkan kembali oleh refrigerant panas yang telah dikompresi. Jika kondensor terhalang oleh beberapa jenis kotoran daei jalan, maka kondensor tidak dapat mendinginkan refrigerant dengan benar. Sehingga mungkin akan membuat sistem mobil dapat beroperasi defab refigeran yag terlalu panas.

6. Masalah Listrik

Penyebab Ac mobil tidak dingin selanjutnya dapat disebablan oleh masalah listrik. Namun hal ini merupakan masalah yang paling sulit untuk didiagnosis ketika menyangkut unit AC yang berhenti bekerja. Jika terdapat kabel yang rusak, biasanya kamu harus memperbaiki dengan pita listrik atau diganti sama sekali.

7. Kipas Pendingin Rusak

karakter zodiak
ilustrasi perempuan menyetir mobil/Photo by Alireza Esmaeeli on Unsplash

Selanjutnya masalah ini juga dapat disebablan karena kipas tidak berfungsi dengan baik, kondensor kamu mungkin tidak dapat menerima pendingin dengan benar. Seiring waktu, hal ini juga dapat menyebabkan mobil kamu mengeluarkan udara panas. Cara terbaik untuk mengetahui kipas pendingin rusak melalui inspeksi visual.

8. Sekring Meledak

Jika sekring terbakar akan mempengaruhi pendingin AC mobil. Ketika kamu mengetahui hal ini terjadi ada baiknya sekring AC harus diganti. Hal ini tidak hanya menghentikan kompresor namun dapat menyebarkan udara panas di dalam kabin. Selain itu, jika sekring meledak dapat mempengaruhi seluruh sirkuit yang terpasang dala mobil sehingga dapat mempengaruhi saklar.

9. Filter Udara Kabin Tersumbat

Yang terakhir hal ini dapat menjadi salah satu masalah umum jika AC tidak cukup dingin. Kamu dapat mengetahuinya sendiri, dengan membuka dudukan dasbor dan lepaskan filter kabin jika kotor. Selain itu hal ini juga dapat mengurangi aliran udara ke kabin dengan benar.

Itulah beberapa penyebab AC mobil tidak diingin. Meskipun membuat kesal dan panik, namun kamu dapat mengetahui penyebabnya sendiri. Jika kamu melihat kotoran yang menyumbat pergantian udara, ada baiknya dikbersihkan dengan benar.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela