Sukses

Info

5 Rekomendasi Buku Bacaan untuk Mahasiswa Baru

Fimela.com, Jakarta Menjadi mahasiswa memang butuh banyak persiapan, terutama dalam menentukan jurusan kuliah yang akan kamu ambil. Jangan dianggap sepele, salah memilih jurusan akan berdampak besar pada keberlanjutan kuliahmu. Maka dari itu, kamu perlu mempersiapkannya dengan sangat baik dan matang. 

Selain masalah jurusan kuliah, hal lain yang juga penting untuk dipersiapkan adalah mental untuk adaptasi dengan lingkungan baru. Masa transisi dari SMA ke perguruan tinggi biasanya akan terasa sangat berbeda, baik dari segi cara belajar, beradaptasi, dan menemukan banyak hal untuk membuat kita siap terjun ke dunia nyata yang sesungguhnya.

Melihat banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh mahasiswa baru, nampaknya kamu perlu mendapatkan banyak referensi. Tidak perlu khawatir, semua persiapan mahasiswa baru bisa dengan mudah kamu kupas hanya dengan membaca buku. Gampang, bukan?

Untuk itu, berikut Fimela.com kali ini akan membagikan 5 rekomendasi buku bacaan untuk mahasiswa baru. Dilansir dari beragam sumber, simak semua rekomendasinya di bawah ini.

 

1. Kuliah Jurusan Apa?

Buku ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang hendak berkuliah atau sedang bingung dalam menentukan jurusan kuliah. Menariknya, buku ini memiliki sejumlah seri sesuai dengan jurusan kuliah pilihan yang bisa jadi kamu pilih, Ladies! 

Dalam buku ini, kamu akan diberi penjelasan mengenai apa saja yang akan kamu pelajari nantinya, prospek kerja, suka duka yang biasa terjadi jika kita mengambil jurusan tersebut, dan tentunya tips dan trik menjalani dunia perkuliahan. Wah, sangat lengkap sekali isinya, bukan?

2. Langkah Nyata Mahasiswa Menginspirasi

Berikutnya, buku berjudul Langkah Nyata Mahasiswa Menginspirasi nampaknya sangat diperuntukkan bagi mahasiswa yang memang punya tujuan atau goals tertentu. Biasanya mahasiswa tipe seperti ini dikenal dengan sebutan 'mahasiswa ambis', yakni mahasiswa yang memiliki prospek tinggi terhadap kehidupan kuliahnya. 

Buku ini berisi langkah-langkah nyata yang praktis dijalani untuk menjadi mahasiswa inspiratif. Karena berprestasi aja belum cukup, kamu harus menebar inspirasi, baik untuk bermimpi, bergerak, dan berkarya!

3. Belajar Cara Belajar

Nah, buku yang satu ini wajib kamu baca saat menjadi mahasiswa baru. Jelas saja, melalui buku ini kamu akan mengenal cara belajar baru yang pastinya berbeda dan perlu dirubah, tidak sama seperti saat kamu SMA dulu, loh. 

Jika pada saat SMA, biasanya kamu akan diberitahukan harus membaca buku apa dan ada di halaman berapa. Saat di kuliah, kamu dituntut untuk bisa mencari tahu dari sumber manapun bahan pelajaran yang perlu kamu kuasai.

Oleh karena itu, menjadi penting bagi kamu untuk mengetahui cara belajar ala mahasiswa agar kamu bisa menjadi mahasiswa yang adaptif. 

4. Buku Antimalas dan Suka Menunda

Buku Antimalas dan Suka Menunda adalah buku yang wajib dibaca oleh para mahasiswa baru, terutama bagi mereka yang memiliki kebiasaan buruk seperti malas dan hobi menunda pekerjaan. 

Dalam buku ini dijelaskan bahwa kemalasan disebabkan oleh masalah emosi, sehingga perlu dicari tahu akar permasalahannya untuk membasmi rasa malas tersebut. Buku ini juga dilengkapi dengan solusi untuk mengatasi rasa malasmu.

5. Mahasiswa di Atas Rata-Rata

Terakhir, buku bacaan yang cocok dibaca oleh mahasiswa baru adalah buku berjudul Mahasiswa di Atas Rata-Rata karya Ratih Kartika. Dalam buku ini, kamu akan diberi penjelasan bahwa terkadang pekerjaan mahasiswa tidak hanya belajar di kelas, karena ada banyak sarana lainnya yang tersedia untuk kamu dapat menambah wawasan. Contohnya seperti mengikuti organisasi atau unit kegiatan mahasiswa. 

Apapun kegiatan, rencana, dan impian yang ingin kamu lakukan di masa perkuliahan, kamu akan merasa ditemani dengan buku ini yang akan menjadi teman mewujudkan impian. Buku ini akan membuatmu stay on track dan selalu termotivasi untuk mewujudkan impian!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading