Sukses

Info

Langit Gunung Welirang Viral, Ini Penjelasannya

Fimela.com, Jakarta Gunung Welirang sedang menjadi perbincangan hangat di tengah warganet, pasalnya penampakan langit tampak tidak biasa tadi malam. Langit merah disertai munculnya asap dan petir tampak di puncak gunung setinggi 3.156 mdpl itu.

Beredarnya video penampakan langit tersebut membuat heboh banyak warga yang mengira bahwa gunung tersebut aktif dan akan meletus, seperti halnya Gunung Semeru beberapa waktu belakangan. Namun, pendapat ini dibantah oleh BMKG lewat pernyataan resmi mereka.

"Fenomena awan yang terlihat berwarna merah adalah hal yang biasa terjadi. Ini merupakan salah satu contoh fenomena optik atmosfer. Semakin rendah posis matahari dari garis cakrawala, semakin rendah pula cahaya merah yang dicapai," jelas Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stamet Juanda Teguh Sri Susanto, yang dilansir dari Liputan6.com.

Penampakan langit Gunung Welirang

Gunung Welirang memang gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Gunung ini memiliki tipe stratovolcano atau gunung api komposit dengan bentuk keerucut, yang dibangun oleh banyak lapisan dari lava mengeras, tephra, batu apung, dan abu vulkanik.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading