Sukses

Info

Jokowi Menyampikan Kabar Baik Jika Gamelan Ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda

Fimela.com, Jakarta Gamelan salah satu budaya Indonesia yang kerap ditemui di Jawa, Sunda dan Bali. Alat musik ansambel yang terbuat dari logam dengan ciri khas emas ini sudah ada sejak masa kerajaan abad ke-8 hingga ke-11.

Satuan gamelan, terdiri dari instrumen musik perkusi yang digunakan dalam seni karawitan. Instrumen yang paling umum dipakai seperti gangsa, gender, bonang, gong, dan saron. Selain itu juga menggunakan alat-alat musik membranofon, idiofon, aerofon, dan xilofon.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat akun Instagram menyampikan kabar baik jika Gamelan ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak bedan oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO).

"Kabar baik hari ini datang dari kantor pusat UNESCO di Paris. Badan PBB yang mengurusi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan telah menetapkan gamelan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritage) UNESCO," tulis Jokowi pada akun instagramnya @jokowi, Rabu (15/12/2021).

Jokowi juga mengatakan hal ini membuatnya bangga karena gamelan sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

"Saya menyambut dengan hangat dan bangga atas penetapan ini. Gamelan sudah lama menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari rakyat di berbagai daerah di Indonesia, terus dipelajari, dikembangkan dan diwariskan dari generasi ke generasi," tulisnya.

Memberi inspirasi musik dunia dan terus dilestarikan

Jokowi juga menuliskan jika gamelan juga memberi inspirasi dan pengaruh terhadap musik dunia.

Indonesia akan terus melestarikan gamelan melalui pendidikan dan pelatihan secara formal dan non formal, melalui festival, pawai, pertunjukan, dan pertukaran budaya.

"Gamelan menjadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia ke-12 yang telah tercantum dalam daftar WBTB UNESCO setelah wayang, keris, batik, pendidikan dan pelatihan batik, angklung, tari saman,noken, tiga genre tari tradisional di Bali, seni pembuatan kapal pinisi, tradisi pencak silat, dan pantun," tulis Jokowi.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading