Sukses

Info

2021: Banyak Hal Trending yang Menghubungkan Masyarakat Indonesia di Sosial Media

Fimela.com, Jakarta 2021 sebentar lagi berakhir. Dengan bertahan, kita akhirnya sampai di penghujung tahun ini. Banyak hal yang kita lalui. Pandemi masih menjadi isu utama selama 2 tahun ini, bahkan kita bersama sempat melalui gelombang pandemi covid-19 yang banyak menguras tenaga dan emosi.

Berbagai peristiwa yang membuat orang-orang datang ke Twitter untuk berbagi informasi terkini dan tetap saling terhubung satu sama lain. Beragam percakapan yang meramaikan linimasa Twitter meliputi perayaan kemenangan dari jajaran atlet kebanggaan Indonesia dalam ajang olahraga terbesar di dunia, berbagi referensi bermanfaat untuk perkembangan diri, hingga dukungan dan doa bagi yang terkena musibah. Semua ini terjadi #HanyaDiTwitter.

Khususnya di Indonesia, selain untuk merayakan berbagai momen penting; Twitter juga digunakan untuk saling berbagi kenangan, saling membantu sesama yang membutuhkan, dan menjadi tempat untuk berdiskusi atau belajar hal baru. Berdasarkan rilis yang diterima Fimela dari Twitter Indonesia berikut ini adalah berbagai momen dan percakapan #HanyaDiTwitter yang membuat warganet saling terhubung selama tahun ini.

Tweet yang menyatukan masyarakat Indonesia di Twitter

Di paruh kedua tahun 2021, perhatian masyarakat dunia tertuju pada perhelatan olahraga internasional #Tokyo2020 dan #Paralympics. Masyarakat Indonesia datang ke Twitter untuk menunjukkan rasa nasionalisme dan memberikan dukungan terhadap jajaran atlet dari negara masing-masing. Percakapan tentang Olimpiade semakin bergaung di Indonesia saat Greysia Polii (@GreysPolii) dan Apriyani Rahayu berhasil mencetak sejarah menjadi tim ganda putri Indonesia pertama yang meraih medali emas. Tweet ini pun menjadi Tweet dengan engagement tertinggi di Indonesia. 

Keragaman topik yang menyatukan masyarakat di Twitter: dari hiburan, gaming, hingga aset digital

Tahun ini, Twitter tetap menjadi tempat bagi masyarakat untuk saling membicarakan berbagai minat dan topik pembicaraan yang juga menghubungkan mereka dengan berbagai komunitas. Topik-topik yang ramai dibicarakan di Twitter tahun ini termasuk hiburan dengan tagar #attackontitan dan cabang olahraga populer seperti #badminton. Masyarakat Indonesia juga ramai membicarakan berbagai hal terkait teknologi dan keuangan, termasuk tentang aset digital dan investasi melalui tagar #crypto dan #nft. Hal ini menunjukan, bahwa masyarakat Indonesia mulai tertarik terhadap hal-hal seputar keuangan dan bisnis.

Jajaran akun terpopuler di Twitter

Mulai dari tenaga kesehatan, akun yang menghibur, hingga yang berbagi pengetahuan umum; masyarakat datang ke Twitter untuk berinteraksi dan mengikuti percakapan dari akun-akun tersebut. Bukti nyata keberagaman percakapan di Twitter adalah dengan munculnya akun-akun baru seperti Rizal Do (@afrkml), Angga Fauzan (@angga_fzn), dan Badminton Talk (@BadmintonTalk) yang masuk ke dalam jajaran 10 akun yang banyak dibicarakan di Indonesia tahun ini.

Emoji untuk ekspresi diri

Teks kerap kali tidak bisa mengungkapkan ekspresi yang kita rasakan ketika membuat tulisan di Twitter. Agar konteks suatu Tweet bisa lebih dipahami, penggunaan emoji pun marak dilakukan. Emoji menangis, piala , bumi , dan salad merupakan beberapa emoji yang banyak digunakan warganet Twitter di Indonesia. Emoji piala , medali , dan bulutangkis pun tidak luput mewarnai Tweet seputar dukungan untuk para atlet Indonesia yang berlaga di #Tokyo2020 dan #Paralympics.

“Di tahun 2021, masyarakat terus menggunakan Twitter untuk melihat apa yang sedang terjadi dan terhubung  dengan komunitas dan percakapan yang berarti bagi mereka. Dari mencari informasi seputar hobi baru, memberi dukungan kepada para atlet, membantu sesama yang mengalami kesulitan, hingga merayakan peluncuran lagu atau film terbaru artis kesayangan; masyarakat Indonesia saling terhubung #HanyaDiTwitter. Kami berterima kasih kepada masyarakat Indonesia yang sudah menjadikan Twitter sebagai tempat untuk saling berbagi informasi dan inspirasi bagi sesama tahun ini.” ungkap Dwi Adriansah - Country Industry Head, Twitter Indonesia.

Jadi, momen apa yang membuatmu berkesan di tahun 2021 ini?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading