Sukses

Info

The Body Shop Indonesia Berhasil Kumpulkan 500.490 Petisi, Lanjutkan Perjuangkan Pencegahan Kekerasan Seksual

Fimela.com, Jakarta The Body Shop Indonesia bersama dengan beberapa impact partner-nya, Yayasan Pulih, Makassar International Writers Festival, Magdalene.co, dan Yayasan Plan International Indonesia membuktikan komitmen mereka untuk terus melanjutkan perjuangan menciptakan Indonesia bebas dari kekerasan seksual dengan berhasil mengumpulkan 500.490 petisi di www.tbsfightforsisterhood.co.id. Hal ini juga dilakukan untuk mengawal pengesahan Rancangan Undang-Undang tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS).

Bukan rahasia lagi jika kasus-kasus kekerasan seksual memang semakin marak di Indonesia dan The Body Shop Indonesia merasa ini adalah isu yang urgensi. Perjuangan masih terus berlanjut dengan banyaknya program yang berfokus pada pendampingan dan rehabilitasi korban.

Tidak lupa ada juga program yang fokus mengedukasi mahasiswa lewat #TBSGoesToCampus, yang termasuk dalam program Focus Group Discussion dan Bootcamp selama bulan Desember 2021 ini. The Body Shop Indonesia menyoroti banyak hal yang terjadi selama tahun 2021 ini, salah satunya adalah isu kekerasan seksual.

 

 

The Body Shop Indonesia berhasil mengumpulkan 500.490 petisi

Belakangan, kasus kekerasan seksual juga ditemukan di berbagai media, seperti pelecehan seksual terhadap mahasiswa yang dilakukan oleh dosen, pemerkosaan oleh tokoh agama, hingga kasus pemaksaan aborsi yang mengakibatkan korban meninggal dunia. Menjelang tahun 2022, tindakan nyaa, kolaborasi, dan sinergi sangat penting untuk dilakukan.

Peran serta publik juga sangat diharapkan, mulai dari kalangan akademisi, aktor, jaringan masyarakat sipil, tokoh politik, dan masyarakat umum. Menurut catatan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, ada peningkatan tren kekerasan seksual sebanyak 12.566 kasus hingga bulan November 2021 kemarin.

Sebelumnya, di tahun 2019, mencapai 11.507 kasus dan tahun 2020 mencapao 11.279 kasus. Sedangkan di lingkup pendidikan, menurut data Komnas Perempuan per 27 Oktober 2021, ada 51 aduan kasus kekerasan seksual di lingkungan pendidikan sepanjang 2015 sampai dengan 2020.

The Body Shop Indonesia berhasil mengumpulkan 500.490 petisi

Dari sini, kita harus mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Kemendikbudristek dalam upaya menangani kekerasan seksual dengan mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 30 Tahun 2021 pada 31 Agustus 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di Perguruan Tinggi. The Body Shop Indonesia juga mengadakan kampanye Stop Sexual Violence yang diapresiasi oleh berbagai pihak.

Beberapa di antaranya adalah UN Women 2021 Indonesia Women Empowerment Principles (WEPs) Awards sebagai 1st runner up Kategori Community: Stop Sexual Violence-Semua Peduli, Semua Terlindungi #TBSFightForSisterhood, 2021 UN Women Asia-Pacific WEPs Awards sebagai 1st runner up Kategori Community Engagement and Partnerships Asia Pacific, Indonesia Corporate Sustainability Initiatives 2021 Kategori CAUSE PROMOTION Penganugerahan diberikan untuk progam Semua Peduli, Semua Terlindungi #TBSFightForSisterhood, dan Herstory Indonesia Best Women Empowerment Awards 2021 sebagai Best Women Empowerment Initiative with Outstanding Protection of Women's Rights untuk campaign STOP SEXUAL VIOLENCE. Terimakasih, Sahabat FIMELA telah menjadi bagian dari perjuangan menuju kesetaraan dan penghapusan kekerasan seksual.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading