Durasi yang Efektif Menggunakan Masker KN95, N95 dan KF94 untuk Cegah COVID-19

Vinsensia Dianawanti18 Jan 2022, 10:30 WIB
Diperbarui 18 Jan 2022, 10:30 WIB
Ilustrasi masker.

Fimela.com, Jakarta Masker jenis KN95, N95, dan KF94 cukup diandalkan masyarakat untuk mencegah penularan COVID-19 saat harus beraktivitas di luar rumah. Dikenal dengan lapisan yang lebih banyak dari masker medis biasa, masyarakat Indonesia memilih satu dari tiga jenis masker ini untuk bisa beraktivitas dengan nyaman.

Meski memiliki lapisan yang lebih banyak, apakah masker KN95, N95, dan KF94 akan menjamin untuk terbebas dari COVID-19? Berapa lama sebaiknya ketiga masker ini digunakan dalam aktivitas sehari-hari?

Dikutip dari Health, sejumlah ahli merekomendasikan untuk menggunakan masker dari penutup kain untuk perlindungan yang lebih kuat dari masker bedah atau yang lebih dikenal masker respirator, seperti KN95, N95, dan KF94. Terdapat dua jenis respirator, yakni pengunaan kembai respirator tanpa mencuci atau merawat masker di antara penggunaan.

 

Durasi penggunaan

Ilustrasi Masker N95
Ilustrasi masker N95. (dok. Unsplash.com/Jonathan J. Castellon)

Dr. Cassandra M. Pierre dari Boston Medical Center yang merupakan dokter penyakit menular menyebut penggunaan masker untuk waktu yang lebih singkat atau penggunaannya jauh dari orang, penggunaan respirator yang sama selama seminggu dimungkinkan.

Sementara untuk orang yang berada di lingkungan resiko tinggi, seperti fasilitas perawatan kesehatan, direkomendasikan untuk menggunakan masker sekali sehari. Setiap penggunaan respirator lebih dari sekali juga harus memperhatikan kondisinya masih baik.

"Kami merekomendasikan setiap kali Anda menggunakan respirator, pastikan tidak ada robekan, celah, atau bukti kotoran di permukaan. Semua hal ini dapat merusak keutuhan dan kemampuan filtrasi masker," " kata Dr. Pierre dikutip dari Health.

Untuk memastikan apakah respirator yang digunakan apakah masih cukup aman atau harus dibuang, bisa dilihat dari beberapa indikator. Salah satunya masker yang telah mengendur di wajah. Selain itu, masker tampak kotor di bagian dalam karena makeup, minyak wajah, keringat, atau kelembapan lainnya.

 

Cara merawat dan membuang masker

Jika memiliki kondisi tersebut, sebaiknya masker dengan respirator dibuang. Kamu bisa memakai respirator lebih dari sekali selama menjaga kebersihannya. Kamu harus menyimpannya dengan benar di antara pemakaian.

Caranya, lepas respirator dengan tangan bersih dan pegang hanya bagian tali. Hal ini akan membuat kamu tidak menyentuh bagian depan masekr yang mungkin telah hinggap beberapa partikel virus. Kemudian kamu harus menyimpannya di tempat yang aman, bisa dimasukkan ke kantung kertas yang tertutup, plastik, maupun kotak khusus.

Sementara ketika hendak membuat respirator, caranya hampir mirip ketika kamu hendak menyimpannya. Jangan sentuh bagian depan masker dan langsung buang ke tempat sampah. Pastikan untuk membuangnya dengan aman sehingga orang lain tidak menyentuhnya.

 

Simak video berikut ini

#women for women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela