Sukses

Info

5 Penyebab Kekeringan Akibat Faktor Alam Beserta Dampaknya bagi Kehidupan

Fimela.com, Jakarta Penyebab terjadinya kekeringan cukup beragam dan berbeda di tiap daerahnya. Penyebab terjadinya kekeringan biasanya melalui proses alami, namun sayang semakin tahun semakin diperparah dengan kebiasaan buruk di tengah masyarakat.

Dengan iklim yang tidak menentu, biasanya curah hujan juga akan terpengaruh, dan bisa saja dalam satu wilayah justru sama sekali tidak mendapatkan curah hujan yang cukup. Air hujan yang jatuh kebumi akan di serap oleh tanah. Air tersebut akan disaring dimana pada akhirnya akan menjadi sumber air baru bagi manusia.

Sebagai bentuk bencana alam, kekeringan akan membawa dampak besar bagi kehidupan manusia mengingat air adalah sumber kehidupan. Maka dari itu, kamu perlu tahu hal-hal apa saja yang menyebabkan terjadinya kekeringan. 

Untuk itu, berikut Fimela.com telah merangkum 5 penyebab kekeringan akibat faktor alam beserta dampaknya. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Letak Geografis

Penyebab kekeringan yang pertama akibat faktor alam ialah letak geografis. Indonesia yang secara geografis terletak di garis khatulistiwa diapit oleh dua benua dan dua samudera. Indonesia juga terletak di daerah “monsoon” yang merupakan fenomena alam di mana sangat sering terjadi perubahan iklim secara ekstrem disebabkan perubahan tekanan udara dari daratan.

Perubahan tersebut menyebabkan “jet steam effect” dari lautan yang menghempas daratan dengan hawa panas. Hawa panas dan angin tersebut membuat banyak daerah yang awalnya memiliki kandungan air, menjadi kering. Hal tersebut diperparah apabila musim kemarau tiba.

2. Minimnya Daerah Resapan Air

Penyebab kekeringan yang kedua akibat faktor alam ialah minimnya daerah resapan air. Adanya alih fungsi lahan terbuka hijau yang digunakan sebagai bangunan tempat tinggal mempengaruhi kondisi dari cadangan air di tanah.

Wajar saja, ketika tanah yang mampu menyerap air hujan harus tertutup oleh beton yang mengakibatkan air tidak dapat meresap ke dalam tanah. Semakin sedikitnya cadangan air dalam tanah akan memberi dampak buruk berupa bencana kekeringan.

3. Rendahnya Curah Hujan

Penyebab kekeringan yang ketiga akibat faktor alam ialah curah hujan yang rendah. Adanya perubahan iklim seringkali membuat hujan menjadi jarang turun.

Rendahnya curah hujan tersebut diakibatkan rendahnya tingkat produksi uap air dan awan. Apabila sangat hujan yang turun sangat sedikit, maka musim kemarau akan menjadi semakin lama dan kekeringan akan melanda.

4. Kerusakan Hidrologis

Penyebab kekeringan yang keempat akibat faktor alam ialah adanya kerusakan hidrologis. Kerusakan hidrologis yaitu kerusakan fungsi dari wilayah hulu sungai karena waduk dan pada bagian saluran irigasinya terisi sedimen dalam jumlah yang sangat besar.

Akibatnya, kapasitas dan daya tampung air akan berkurang sangat drastis dan hal tersebut akan memicu timbulnya kekeringan saat datangnya musim kemarau.

5. Terjadi Global Warming

Penyebab kekeringan yang kelima akibat faktor alam ialah global warming. Global warming atau yang berarti pemanasan secara global, memang telah menjadi penyebab terjadinya kekeringan terbesar tidak hanya di Indonesia, namun hampir di seluruh dunia.

Memang, penyebab dari timbulnya global warming sangat beragam, mulai dari polusi kendaraan dan pabrik, hingga penggunaan berbagai zat kimia berbahaya.

Dampak Kekeringan bagi Kehidupan Manusia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kekeringan akan membawa dampak besar bagi kehidupan manusia. Banyak sekali dampak yang mungkin ditimbulkan apabila tidak segera mengatasinya. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Berkurangnya sumber air bersih

Apabila sumber air bersih berkurang, maka kaan berdampak pada berkurangnya konsumsi air minum yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Dan ketika hal tersebu terjadi, maka akan menyebabkan dehidrasi.

Kondisi tubuh yang dehidrasi sangat berbahaya jika terus-menerus dibiarkan. Salah satunya dapat menyebabkan kematian, mengingat air memang menjadi kandungan yang penting bagi tubuh untuk bertahan hidup.

Selain itu, kegiatan seperti mencuci, mandi, dan lain sebagainya juga akan berkurang dan membuat kegiatan sehari-hari terganggu. Akan ada efek domino yang timbul ketika kekeringan. Maka dari itu ada baiknya untuk selalu menjaga cadangan air yang ada di Bumi.

2. Banyaknya tanaman yang layu dan mati

Tanaman merupakan salah satu sumber kehidupan bagi manusia. Ketika musim kemarau datang, maka akan banyak tanaman mati karena tanaman tidak bisa mendapatkan sumber air untuk hidup. Hanya ada beberapa tanaman saja yang bisa bertahan hidup, seperti pohon jati dan kaktus.

3. Meningkatnya polusi udara yang membahayakan sistem pernapasan

Dampak selanjutnya ketika tanaman mati, maka polusii udara akan semakin merajalela. Hal tersebut disebabkan tidak ada tanaman yang berfungsi sebagai agen yang memproses gas karbondioksida untuk dijadikan oksigen bagi kehidupan manusia.

Maka dari itu, mari bersama-sama mencegah berbagai penyebab terjadinya kekeringan tersebut, agar kehidupan dapat terus berjalan dan terhindar dari berbagai bencana.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading