3 Trik Menghasilkan Cuan Lebih dari Aset NFT

Vinsensia Dianawanti20 Jan 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 20 Jan 2022, 17:00 WIB
Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)

Fimela.com, Jakarta NFT atau Non-Fungdible Token sedang menjadi diskusi hangat masyarakat Indonesia belakangan. Aset NFT mulai dilirik oleh masyarakat berbagai kalangan karena dinilai mampu memberikan cuan lebih.

Tapi ternyata tidak semua NFT bisa dijual dengan harga yang tinggi. Perlu pengetahuan lebih untuk memastikan NFT yang kita miliki dapat dijual sebagai aset digital dengan harga fantastis.

Salah satu contoh dari keberhasilan NFT dalam memberikan cuan lebih dialami oleh Ghozali Everyday. Ia menjadi viral di media sosial setelah menjual foto selfie-nnya sebharga 277 Ethereum atau sekitar Rp13,3 miliar.

Penasaran apa yang membuat harga NFT bisa menjulang setinggi itu? Berikut tipsnya dikutip dari Enterpreneur.

 

1. Melirik karya seni digital

Raup Cuan Miliaran, Ghozali Everyday Beri Tips Sebelum Jual NFT di Marketplace
Ghozali Everyday Beri Tips Sebelum Jual NFT di Marketplace (dok/tangkapan layar opensea.io).

Di dunia NFT, karya seni yang dibuat oleh individu menjadi salah satu yang menguntungkan. Per 11 Maret 2021, teknologi blockchain dan seni berubah. Hal ini karena salah satu rumah paling terkenal di dunia, Christie's, berhasil lelang seharga USD 69 Juta.

Karya seniman digital Mike Winkelman atau Beeple menjual karyanya yang berjudul "Everydays: The First 5000 Days" juga laku terjual. Menjadi kolase dari 5000 gambar tokenized, Beeple membuatnya setiap hari selama bertahun-tahun.

 

2. Koleksi berlisensi

Kamu bisa menjual barang yang ada secara fisik dalam bentuk digital. Harga perdagangan digital bisa menghasilkan jauh lebih tinggi dibandingkan harga fisik bila memiliki lisensi.

Sejauh itu, koleksi NFT berlisensi yang paling populer adalah kartu olahraga. Proyek kartu olahraga NFT memungkinkan seseorang untuk menukar kartu berlisensi para pemain sepak bola. Baru-baru in, NBA meluncurkan koleksi kartu NFT.

Mengoleksi kartu digital di NFT akan lebih awet karena bisa disimpan dengan aman di blockchain tanpa mengurangi kualitasnya sedikitpun.

 

3. Video game NFT

Selain kartu, video game dengan basis NFT juga bisa memberikan cuan lebih. Hal ini disarankan bagi perusahaan video game besar. Cara ini berdampak pada ekosistem game serta blockchain yang cukup besar.

Pengembang video game NFT menjadi salah satu pembuat NFT yang cukup diminati. Item yang ada di dalam games memungkinkan untuk mendukung evolusi NFT ke depannya.

Dibandingkan dengan kartu peradagangan digital dan karya seni digital, video game menjadi yang paling menguntungkan. NFT dalam video game bisa dibuat lebih kompleks, interaktif, dan dapat berubah seiring berjalannya waktu.

Lanjutkan Membaca ↓
1