Sukses

Info

Penanganan Kasus Omicron di Jakarta yang Sudah Tembus Seribu Orang

Fimela.com, Jakarta Peningkatan kasus  Covid-19 varian omicron di Jakarta masih terus terjadi. Sebanyak 1.313 orang dinyatakan terpapar Omicron pada Sabtu, (22/01/2022).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia menyampaikan hal tersebut dalam keterangan tertulisnya.

Ia merinci jika sebanyak 854 orang adalah pelaku perjalanan luar negeri. Sedangkan 459 lainnya adalah kasus transmisi lokal seperti ditulis iputan6.com pada Senin, (24/01/2022)

Sudah ada 2 langkah yang diambil pemerintah dalam penanganan kasus melonjaknya Omicron di Jakarta, simak selengkapnya sebagai berikut;

Vaksin booster untuk masyarakat

Pemerintah telah memulai distribusi vaksin booster pada 12 Januari lalu. Dwi mengatakan, distribusi vaksin Covid-19 juga masih terus berlangsung. 

Vaksinasi dosis pertama di Jakarta mencapai 12.099.328 orang atau 120 persen. Yaitu dengan proporsi 71 persen merupakan warga ber-KTP DKI jakarta dan 29 persen warga KTP non DKI.

Sedangkan, total dosis 2 kini telah mencapai 9.706.064 orang atau 96,3 persen dengan proporsi 72 persen merupakan warga ber-KTP DKI Jakarta dan 28 persen warga KTP non DKI Jakarta.

"Vaksinasi dosis ketiga atau booster juga dilakukan. Total dosis 3 sampai saat ini sebanyak 296.486 orang," ucapnya.

Micro lockdown akan diterapkan di wilayah penularan tinggi omicron

Sebelumnya, micro lockdown akan diterapkan di wilayah Jakarta dengan tingkat kasus penularan Omicron, cukup tinggi. Selain micro lockdown, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza juga mengatakan bahwa Pemprov DKI juga secara aktif melakukan tracking.

"Salah satu penanganannya kan di-micro lockdown. Selain itu, dilaksanakan active case finding, 3T," ujar Riza di Balai Kota Jakarta, Kamis 20 Januari 2022.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan pada Minggu 15 Januari 2022, terdapat lima daerah Jakarta yang masuk kategori zona merah penyebaran varian Omicron di Jakarta. Kategori merah berarti daerah tersebut mencatat lebih dari delapan pasien Omicron.

Lima daerah 'zona merah' itu yakni; Kalideres, Kebon Jeruk, Kebayoran Baru, Cilandak, dan Senen.

Meskipun bergejala ringan, Riza meminta masyarakat untuk tidak menganggap enteng dengan penyebaran virus varian Omicron.

*Reporter: Jeihan Lutfiah Zahrani Yusuf

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading