Sukses

Info

5 Penyebab AC Bau yang Sebaiknya Tidak Diabaikan

Fimela.com, Jakarta Air conditioner atau biasa disebut dengan AC adalah alat elektronik yang berfungsi untuk mendinginkan suhu ruangan. Alat ini sudah menjadi barang kebutuhan di setiap rumah karena membuat suasana dan udara menjadi lebih nyaman dan sejuk. 

Sayangnya, AC yang tidak dirawat dengan benar bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap. Tentu saja hal ini akan mengganggu kenyamanan. 

Selain bau yang tidak sedap, kualitas udara yang dihasilkan juga nantinya akan tercemar. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk tahu penyebab ac menjadi bau

Untuk itu, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab AC bau yang sebaiknya tidak diabaikan. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Banyaknya Debu yang Menumpuk

Penyebab AC bau yang pertama adalah karena banyaknya debu yang menumpuk. Debu pada AC bisa saja menumpuk ketika filter dan evaporator jarang dibersihkan sehingga menjadi kotor. 

Debu yang menumpuk pada bagian AC akhirnya menghalangi hembusan udara dan hal ini juga tidak baik untuk kesehatan sistem pernapasan. Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan kebersihan AC rumah, terutama di bagian filter dan evaporator.

2. Terdapat Hewan Mati Tersangkut di dalam AC

Lagi-lagi karena masalah kebersihan, AC yang mengeluarkan bau tidak sedap bisa juga disebabkan karena adanya hewan yang mati tersangku di dalam bagian AC. Tentu saja hal ini akan luput dari perhatianmu, jika kamu jarang memperhatikan kebersihan AC. 

Pasalnya, beberapa hewan seperti cicak, serangga, hingga tikus bisa saja masuk ke dalam AC dan tak bisa keluar. 

Tak jarang mereka akhirnya mati dan membusuk di dalam AC. Untuk menanganinya, kamu bisa memanggil teknisi AC karena hewan yang mati di dalam AC dapat menyebarkan penyakit dan juga merusak AC.

3. Suhu Ruangan Terlalu Lembap

Berikutnya, selain karena perawatan AC yang tidak benar, penyebab AC bau juga dipicu oleh suhu ruangan yang terlalu lembap. Hal ini disebabkan karena ventilasi udara yang ada di rumah terlalu sedikit. 

Kamu harus tahu, ruangan yang dipasang AC harus memiliki jendela untuk mengatur sirkulasi udara. Saat AC tidak digunakan, udara yang berada di dalam ruangan tersebut bisa diganti dengan udara baru dari luar yang lebih segar serta lebih sehat. 

4. Pengharum Ruangan yang Tidak Diganti

Pengahrum ruangan di rumah yang sudah lama tidak diganti juga bisa memicu kualitas udara menjadi bau apek. Saat AC menyala, bau apek akan menyeruak ke seluruh ruangan. 

Untuk itu, sebaiknya kamu mengganti pengharum ruangan yang lama dengan yang baru. Perhatikan juga aromanya, sebaiknya pilih jenis aroma-aroma yang menenangkan seperti lavender atau vanilla. 

5. Aktivitas Merokok di dalam Ruangan

Terakhir, penyebab AC bau dipicu oleh aktivitas merokok di dalam rumah. Kebiasaan merokok di dalam ruangan membuat kualitas udara menjadi tercemar dan tidak sehat untuk dihirup. 

Bau yang tidak sedap dari rokok mungkin saja dihisap oleh blower indoor AC yang berada di luar ruangan. Jadi, meskipun AC dimatikan, bau asap rokok tetap bisa menempel di berbagai benda di ruangan tersebut. 

Maka dari itu, sebaiknya kamu jangan merokok di ruangan ber-AC dan sebaiknya gunakan area di luar rumah untuk merokok. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading