Sukses

Info

Kapan Waktu Terbaik untuk Vaksinasi COVID-19 Saat Berpuasa? Ini Penjelasan Dokter

Fimela.com, Jakarta Timbul banyak pertanyaan di masyarakat mengenai vaksinasi COVID-19 di bulan Ramadan. Beberapa di antaranya adalah kapan waktu yang tepat untuk melakukan vaksinasi di bulan puasa. Berikut pemaparan dokter spesialis penyakit dalam sekaligus vaksinolog Dirga Rambe Sakti dikutip dari Liputan6.com.

Prinsipnya, suntik vaksin COVID-19 dapat dilakukan sepanjang hari saat sedang menjalankan ibadah puasa. Dirga menjelaskan, masyarakat bahkan tidak perlu melakukan persiapan khusus.  Dirga Rambe Sakti mengatakan pada prinsipnya vaksinasi dapat dilakukan sepanjang hari saat sedang berpuasa.

Ia memaparkan, jika khawatir adanya reaksi pascavaksinasi yang dapat mengganggu kelancaran ibadah puasa, masyarakat dapat memilih waktu yang lebih nyaman. Contohnya, masyarakat dapat memilih waktu menjelang berbuka puasa maupun malam hari. 

Melirik tahun sebelumnya, beberapa masjid juga menjadi sarana pelaksanaan vaksinasi COVID-19. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan vaksinasi setelah menunaikan sholat Isya dan Tarawih. 

Saran Dokter terkait Vaksinasi di Bulan Ramadan

Selain itu, dokter yang berpraktik di RS EMC Pulomas Jakarta ini menganjurkan masyarakat yang menjalani ibadah puasa untuk selalu memastikan kebutuhan nutrisi hariannya. Paparnya, masyarakat Muslim yang berpuasa harus meminum air yang cukup saat sahur dan berbuka. Tak lupa, ia juga mengingatkan masyarakat untuk selektif memilih menu berbuka puasa dan sahur sehingga tetap mengonsumsi makanan yang sehat. 

Dirga juga menyampaikan bagi umat Muslim yang memiliki penyakit kronik, segeralah berobat ke dokter sehingga kondisi tubuh menjadi stabil. Terlebih lagi, kestabilan kondisi tubuh diperlukan sebelum masyarakat melakukan vaksinasi COVID-19. 

"Bagi yang memiliki penyakit kronik seperti diabetes, sakit jantung, dan sakit ginjal, tetap dianjurkan untuk berobat rutin ke dokter agar kondisi tetap dalam keadaan terkontrol," ujarnya dalam keterangan tertulis ke Liputan6.com.

Persiapan Mudik Lebaran 2022

Jika kamu berencana mudik, Dirga menyarankan untuk segera melakukan vaksinasi dari sekarang. Hal ini berlaku untuk vaksin dosis kedua ataupun dosis ketiga. Apalagi, vaksinasi sangat penting untuk segera dilakukan oleh lansia, orang dengan komorbid, dan orang dengan imunokompromais.

"Kan mudik kurang dari sebulan lagi, kalau sudah punya tiket booster, ayo segera lakukan!" sarannya.

Dirga menyerukan masyarakat yang sudah memiliki tiket vaksin booster untuk melakukan vaksinasi sebelum mudik Lebaran 2022. Ia meyakinkan masyarakat melakukan vaksinasi COVID-19 saat berpuasa karena aman dilakukan.

"Tidak ada bukti bahwa vaksinasi yang dilakukan pada saat berpuasa memberikan risiko efek samping tambahan," pungkas Dirga.

Penulis: Ersya Fadhila Damayanti

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading