Sukses

Info

Ada Vaksin yang Bisa Membuat Kekebalan Tubuh Jadi Lebih Kuat

Fimela.com, Jakarta Moderna telah merilis data yang menunjukkan bahwa versi baru dari vaksin dapat menjadi mutasi yang menghasilkan respon kekebalan yang lebih kuat kepada beberapa varian COVID-19 termasuk Omicron dan juga Delta. Vaksin Moderna ini dapat memberikan perlindungan yang kuat pada suntikan kedua, meskipun efektivitas penyebarannya masih kurang. 

 

DIkutip dari Liputan6.com, vaksin saat ini dikembangkan untuk mengenali protein lonjakan, yang digunakan virus untuk menyerang sel manusia, dari jenis COVID-19 di Wuhan. Tetapi semakin banyak protein lonjakan telah berevolusi, semakin kecil kemungkinan antibodi yang diproduksi oleh vaksin mampu mengenali virus dan melawannya, yang mengurangi kemanjuran suntikan. Dosis 50 mikrogram vaksin baru Moderna menggandakan antibodi, yang menghalangi virus menginfeksi sel manusia, terhadap varian Omicron enam bulan setelah injeksi dibandingkan dengan booster asli pada dosis yang sama, data menunjukkan. 

Efek samping dari Moderna

Efek samping yang paling umum ditunjukkan oleh Moderna adalah dari suntikan 50 mikrogram yang diperbarui adalah nyeri otot, kelelahan dan sakit kepala, menurut data. Uji klinis melibatkan 895 peserta yang menerima dosis booster tunggal dari suntikan yang diperbarui dengan dosis 50 mikrogram atau 100 mikrogram.

Rata-rata usia peserta adalah sekitar 50 tahun, 56% di antaranya adalah perempuan. Sebagian besar populasi percobaan berkulit putih, sementara 13% adalah Hispanik dan 6% Hitam dalam kelompok yang menerima dosis 50 mikrogram. Moderna sedang mengembangkan vaksin tambahan yang mencakup strain Wuhan dan 32 mutasi yang ada pada varian Omicron Covid. Sang CEO, Stephane Bancel, mengatakan suntikan itu adalah kandidat utama perusahaan untuk pendorong musim gugur di Belahan Bumi Utara, yang mencakup AS dan Eropa. Perusahaan mengharapkan data awal tentang suntikan itu pada kuartal kedua tahun ini.

Vaksinasi dapat menjadi sebuah tantangan

Beberapa anggota komite FDA mengatakan otoritas kesehatan masyarakat perlu mengembangkan pendekatan terpadu untuk mengadopsi formula baru untuk vaksin COVID-19, mirip dengan proses untuk memilih suntikan flu baru setiap tahun, untuk menargetkan jenis yang paling umum. Namun, mengembangkan suntikan baru untuk menargetkan mutasi COVID-19 bisa menjadi tantangan, mengingat seberapa cepat virus berevolusi. Trevor Bedford, seorang ahli virologi di Pusat Penelitian Kanker Fred Hutchinson, mengatakan kepada komite FDA bahwa virus COVID-19 berevolusi dua hingga 10 kali lebih cepat daripada flu, tergantung pada jenis virus terakhir yang digunakan untuk perbandingan.

 

*Penulis: Saffa Sabila.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading