Sukses

Info

Ketahui Penyebab Banyak Lalat di Rumah, Begini Cara Mengusirnya

Fimela.com, Jakarta Salah satu hewan yang mungkin tidak kamu harapkan ada di rumah adalah lalat. Selain nyamuk, lalat memang menjadi salah satu serangga yang paling sering hadir di rumah.

Suaranya yang berisik benar-benar mengganggu. Belum lagi lalat menyebarkan bakteri jahat dan menempel di makanan. 

Lalu, kira-kira kenapa rumahmu banyak dihinggapi lalat? Berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab banyak lalat di rumah beserta cara mengusirnya. Dilansirnya dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

 

Penyebab Banyak Lalat di Rumah

1. Menaruh tempat sampah di rumah dan isinya penuh

Lalat senang berada di tempat yang kotor, apalagi jika menimbulkan bau menyengat yang tidak sedap. Sehingga kalau ada tempat sampah di dalam rumah bisa jadi pemicu datangnya lalat. Apalagi jika sampahnya terbuka dan baunya menguar ke mana-mana, pasti akan ada banyak lalat yang hinggap.

Maka dari itu, sebaiknya kamu menutup tempat sampah dengan rapat dan usahakan segera membuang isi sampah, jangan menunggu sampai isi sampahnya penuh karena dapat mengundang lalat hinggap.

2. Memasak bahan makanan yang baunya menyengat

Lalat senang dengan makanan yang baunya menyengat. Beberapa di antaranya adalah ikan, cumi, udang, dan daging-dagingan. Jika memang kamu sedang memasak makanan di atas, pastikan untuk menutupnya dengan baik sebelum memasukkannya ke dalam panci atau penggorengan. 

3. Kebiasaan menaruh sisa makanan di meja

Jika setelah makan kamu tidak langsung mencucinya dan membiarkan sisa makanan ada di meja, maka lalat pun akan banyak mengumpul dan hinggap mengerubungi sisa makanan. 

Mungkin kamu tidak tahu, tetapi lalat betina membutuhkan protein untuk memproduksi telurnya, sehingga ia akan dengan senang hati hinggap di makanan manusia. Jadi, sebaiknya kamu segera mencuci piring dan tidak membiarkan sisa makanan ada di meja.

Cara Mudah Mengusir Lalat dengan Bahan Alami

1. Menggunakan garam

Garam menjadi salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengusir lalat. Caranya dengan menaburkan garam di sekitar area yang ingin dihindari oleh lalat.

Tak hanya menggunakan garam, banyak orang yang mencampurkan garam dengan kunyit bubuk untuk mengusir lalat.

2. Menggunakan lidah sereh

Tumbuhan sereh memiliki aroma khas yang tajam. Aroma sereh yang khas terkenal ampuh mengusir nyamuk. Tak hanya nyamuk, ternyata aroma sereh pun tak disukai oleh lalat.

Cara mendapatkan aroma sereh dengan mudah yaitu dengan menggunakan lilin aromaterapi beraroma sereh. Lilin yang telah dibakar dapat diletakkan di beberapa sudut rumah yang kerap dihinggapi lalat.

3. Menggunakan kemangi

Dilansir dari Merdeka.com, pada dasarnya lalat tak menyukai tumbuhan dengan bau yang tajam. Salah satu tumbuhan yang berbau tajam adalah kemangi. Kemangi memiliki kandungan antibakteri dan antivirus yang mampu menciptakan lingkungan rumah yang sehat.

Cara menggunakan kemangi untuk mengusir lalat yaitu dengan meletakan daun kemangi di area yang sering didatangi oleh lalat. Cara tersebut mampu mengurangi hingga mengusir populasi lalat di rumah.

4. Menggunakan Jeruk dan Cengkih

Irisan jeruk dan cengkih dapat digunakan untuk mengusir lalat di rumah. Hal ini dikarenakan lalat tak menyukai aroma yang wangi.

Caranya dengan meletakkan cengkih kering di atas irisan jeruk lemon pada kerumunan lalat. Perpaduan aroma irisan jeruk dan cengkih dapat segera mengusir lalat dari rumah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading