Sukses

Info

Marak Penipuan Lewat Social Spy WhatsApp, Aplikasi Bermanfaat untuk Berantas Kriminalitas Tapi Jadi Celah Kejahatan

Fimela.com, Jakarta Aplikasi Social Spy WhatsApp sedang ramai diperbincangkan karena disalahgunakan. Lewat aplikasi ini, data penting yang ada di WhatsApp seseorang bisa diakses.

Awalnya, aplikasi ini ditujukan bagi orangtua yang hendak memantau kegiatan anak-anak mereka saat menggunakan gadget. Kemudian dimanfaatkan saat proses penyelidikan jika diperlukan.

Sejumlah satuan kepolisian memanfaatkan aplikasi ini untuk mengakses semua data yang ada di ponsel terduga pelaku kejahatan. Melalui Social Spy WhatsApp, penyidik dapat membaca histori pesan, gambar, dan daftar telepon yang ada di WhatsApp.

Namun aplikasi ini juga rentan terhadap penyadapan ilegal jika dilakukan oleh oknum tertentu. Data yang ada bisa diambl dan dapat disalahgunakan.

 

Cara mencegah penyadapan WhatsApp

Tentu aksi ini membuat aplikasi yang membantu penyidikan kejahatan menjadi celah terjadinya kejahatan lainnya. Dalam hal ini, penyadapan akan merugikanp pihak tertentu yang datanya dicuri dan akhirnya disalahgunakan.

Dikutip dari PureVPN, kamu bisa mencegah potensi penyadapan melalui Social Spy WhatsApp. Bagaimana caranya?

1. Gunakan kata sandi yang kuat

Kamu gunakan kominasi kata sandi yang kuat dengan tidak menggunakan pengulangan nama atau ulang tahun.

 

2. Gunakan aplikasi keamanan untuk Two-Authentication

Google memiliki aplikasi Authy sebagai pilihan aplikasi untuk menambah pengamanan ponsel. Aplikasi ini akan memberikan kode sebelum mengakses aplikasi.

3. Gunakan anti malware

Sama seperti komputer, ponsel juga perlu dilindungi dari bahaya malware. Install aplikasi spyware untuk menangkal spyware mungkin masuk ke ponsel kamu.

4. Gunakan alat enkripsi

WhatsApp sendiri sudah memiliki alat enskripsi untuk melindungi data penggunanya. Fitur ini bahkan membuat WhatsApp tidak bisa membaca pesan penggunanya. Untuk semakin melindungi chat pengguna, kamu bisa menambah alat enkripsi tambahan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading