Sukses

Info

Jangan Langsung Lepas Masker Saat Transisi dari Pandemi Menuju Endemi

Fimela.com, Jakarta Transisi dari pandemi menuju endemi ini harus memallui bebrabgai tahapan. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo  mengatakan bahwa transisi ini harus dilakukan secara hati-hati. Hal ini diutarakan Jokowi menyusul pertanyaan jurnalis terkait diperbolehkannya mudik pada lebaran 2022 dan dampaknya pada transisi tersebut.

 

Dikutip dari Liputan6.com, Jokowi menegaskan bahwa tidak ingin mengikuti negara-negara lain yang langsung melakukan kebijakan untuk melapas masker karena menurutnya pemerintah akan melihat situasi pada masa transisi dalam enam bulan kedepan.

Jokowi menambahkan bahwa ada sejumlah tahapan yang harus dilewati dan pemerintah tidak akan tergesa-gesa dalam memutuskan kebijakan. Pemerintah juga memiliki sejumlah pengalaman saat menghadapi lonjakan kasus COVID-19 varian Delta maupun Omicron.

Meskipun Sudah Transisi Namun Pandemi Belum Berakhir

Ahli epidemiologi yaitu Dicky Budiman mengatakan bahwa Indonesia kini sedang dalam masa transisi dari pandemi Covid-19. Hal ini disertai dengan berbagai kelonggaran yang dilakukan pemerintah salah satunya aturan bebas karantina bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri. Dicky, menambahkan, berbagai pelonggaran yang dilakukan perlu diimbangi dengan penguatan aspek-aspek protokol kesehatan. Karena menurut Dicky, kelonggaran ini tetap mengingatkan bahwa pandemi Covid-19 ini belum berakhir dan diperlukan kebiasaan memakai masker, menjaga jarak, enguatan kualitas udara, sirkulasi, ventilasi, menjadi sangat penting.

Vaksinasi dan Protokol Kesehatan

Vaksinasi tiga dosis Di sisi lain, perilaku masyarakat di masa transisi juga perlu dijaga atau konsisten dalam menjalankan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas). Persepsi pandemi belum berakhir dan tetap menguatkan atau menjaga protokol kesehatan di masa transisi dibilang penting karena beberapa negara masih menghadapi ancaman Omicron BA.2 atau yang dikenal dengan Son of Omicron. 

 

Penulis : Saffa Sabila

#Woman For Woman

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading