6 Fakta Bilqis Prasista yang Jawab Rasa Penasaran Setelah Menundukkan Pebulutangkis Ranking 1 Dunia di Uber Cup 2022

Novi Nadya11 Mei 2022, 16:30 WIB
Diperbarui 11 Mei 2022, 16:30 WIB
Bilqis Prasista

 

Fimela.com, Jakarta Bilqis Prasista mengukir catatan fenomenal dalam sejarah bulutangkis dunia. Pebulutangkis muda asal Indonesia yang berada di ranking 333 tersebut menang melawan Akane Yamaguci yang menempati peringkat 1 dunia di babak penyisihan Uber Cup 2022. 

Bilqis Prasista menjadi bintang baru yang dielukan dan dibanggakan Indonesia. Di usia 19 tahun, mental, kemampuan, dan permainan yang disajikan benar-benar membuat salut. 

Berikut ini sederet fakta tentang Bilqis Prasista yang menjawab rasa penasaran banyak orang melansir dari berbagai sumber;

 

 

Trending di Twitter

Kemenangan Bilqis Prasista jadi trending topic di Twitter setelah mengalahkan pebulutangkis tunggal putri ranking satu dunia Akane yamaguchi di Uber Cup 2022. Bilqis menaklukkan Akane pada laga perdana babak penyisihan grup A yang mempertemukan Indonesia lawan Jepang pada Rabu, 11 Mei 2022. 

Bilqis yang menduduki posisi 333 dunia menundukkan Akane dalam dua set langsung dengan skor kembar 21-19 dan 21-19. Euforia pun digelorakan netizen Twitter lewat cuitan yang berisi pujian sampai ucapan terima kasih untuk Bilqis.

 

 

2. Putri Legenda Bulutangkis

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya, begitu juga dengan Bilqis yang merupakan anak dari legenda badminton Indonesia Joko Suprianto dan Zelina Resiana. Joko Suprianto sendiri seorang juara dunia tahun 1993 dan Zelina Resiana menjuarai Uber Cup pada tahun 1994 dan 1996.

 

 

3. Gabung dengan Pelatnas PBSI pada 2020

Bagi pecinta olahraga bulutangkis, Bilqis bukan sosok yang asing lagi. Atlet yang mengasah skill-nya di PB Djarum tersebut mulai bergabung dengan pelatnas PBSI sejak 2020.

Sebelum bertanding di Piala Uber 2022, Bilqis ikut mengantar tim Indonsia menjuarai BATC Malaysia 2022. Sebelumnya lagi, ia juga menjadi pusat atensi setelah memenangkan beberapa kejuaraan, salah satunya Jakarta Junior International Series 2019.

 

 

4. Debut di Uber Cup 2022

Dengan segala prestasinya, tahun ini menjadi debutan dalam bagian tim Thomas dan Uber Indonesia. Bilqis tampil di nomor tunggal putri dan selalu memenangkan pertandingan sejak partai pertama Indonesia di grup A.

Di laga perdana melawan Prancis, Bilqis juga berhasil melibas Yaelle Hoyaux dengan skor kemenangan 17-21, 21-14, dan 21-18. Sementara di laga kedua melawan Jerman, Bilqis kembali meraih kemenangan melawan Florentine Schoffski dengan angka terakhir 21-12, 12-21, 21-7.

 

 

5. Punya saudara kembar

Perempuan kelahiran Magelang, 24 Mei 2003 ini memiliki saudara kembar bernama Bilqis Pratista. Kembaran Bilqis juga menggeluti karier sebagai atlet bulutangkis yang sama-sama bernanung di PB Djarum sejak 2018. Namun baru Bilqis Prasista yang bisa menembus pelatnas PBSI.

 

 

6. Strategi dan Pesan Orangtua

Bilqis masih tidak menyangka bisa menumbangkan Akane yang punya asam garam lebih unggul dari pengalaman dan prestasi. Namun berkat strategi dan pegangan nasihat dari orangtua, membuatnya yakin dan percaya diri jika tak ada yang tidak mungkin.

"Tadi strategi saya hanya bagaimana membuat dia lari terus. Juga saya harus siap tahan dan semangat. Orangtua juga berpesan kalau ketemu siapa saja, jangan takut dan selalu yakin. Sebab tidak ada yang tidak mungkin sepanjang mau berusaha dan yakin kita bisa," ujar Bilqis yang mengaku bermain tanpa beban.

#WomenForWomen 

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela