Sukses

Info

Kabar Duka, Mantan Jubir COVID-19 Achmad Yurianto Meninggal Dunia

Fimela.com, Jakarta Mantan Juru Bicara untuk COVID-19 Achmad Yurianto dikabarkan meninggal dunia pada Sabtu (21/5/2022). Beliau meninggal di usia 60 tahun di kampung halamannya di Malang, Jawa Timur.

Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi mengonfirmasi kabar tersebut.

"Iya benar, jam 18.58 meninggal dunia," kata Nadia.

Achmad Yurianto sempat dirawat di RSPAD Gatot Subroto Jakarta akibat menderita kanker usus. Setelah menjalani perawatan kemoterapi, pria yang akrab disapa Pak Yuri itu terkena stroke.

 

Dibawa pulang ke Malang

Kondisi kesehatan yang menurun membuat keluarga memutuskan untuk membawa Achmad Yurianto pulang ke kampung halamannya di Malang, Jawa Timur.

Yuri baru dibawa pulang ke kampung halaman pada 19 Mei dan langsung menjalani perawatan lanjutan di RSUD Malang.

Nama Achmad Yurianto mulai dikenal masyarakat sejak pandemi COVID-19 resmi masuk ke Indonesia pada Maret 2020. Ia ditunjuk sebagai Juru Bicara COVID-19 untuk melakukan sosialisasi pencegahan serta pelaporan penambahan kasus.

 

Profil Achmad Yurianto

Sebelumnya, ia merupakan Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Kementerian Kesehatan RI. Kemudian naik pangkat menjadi Dirjen P2P Kemenkes menggantikan Anung Sugihantono.

Namun pada 21 Juli 2020, Menko Perekonomian Airlangga Hartanto memutuskan untuk tidak lagi menjadikan Yuri sebagai juru bicara COVID-19. Posisinya digantikan oleh Ketua Tim Pakar Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito.

Selesai dari jabatannya sebagai Dirjen P2P pada Oktober 2020 dan akhirnya ditunjuk sebagai Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading