How To: Cara Beli Pertalite dan Solar dengan MyPertamina, Berlaku Mulai 1 Juli 2022

Hilda Irach29 Jun 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 29 Jun 2022, 14:00 WIB
How To: Cara Beli Pertalite dan Solar dengan MyPertamina, Berlaku Mulai 1 Juli 2022

Fimela.com, Jakarta Mulai 1 Juli 2022, pemilik kendaraan roda empat yang ingin membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar subsidi harus mendaftarkan diri di aplikasi MyPertamina. Hal itu dinyatakan oleh PT Pertamina (Persero) dengan tujuan penyaluran subsidi tepat sasaran.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alifan Nasution mengatakan saat ini masih terjadi di lapangan adanya konsumen yang tidak berhak mengonsumsi Pertalite dan Solar. Bila hal ini tidak diatur, besar potensi kuota yang telah disiapkan selama satu tahun tidak akan mencukupi.

“Untuk memastikan mekanisme penyaluran makin tepat sasaran, maka Pertamina Patra Niaga berinisiatif dan berinovasi untuk melakukan uji coba penyaluran Pertalite dan Solar bagi pengguna berhak yang sudah terdaftar di dalam sistem MyPertamina,” kata dia pada Senin (27/6/2022), dikutip dari Liputan6.com.

Untuk tahap pertama yakni per 1 Juli 2022, penerapan distribusi BBM terbaru ini akan diberlakukan di 11 daerah di 5 provinsi. Baru setelahnya diperluas ke daerah lainnya. Uji coba awal ini akan dilakukan di beberapa kota yang tersebar di 5 provinsi seperti Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan Di Yogyakarta.

Lantas bagaimana cara beli BBM Pertalite dan Solar dengan MyPertamina? Simak selengkapnya berikut ini, Sahabat Fimela!

 

Cara Beli BBM Pertalite dan Solar dengan MyPertamina

How To: Cara Beli Pertalite dan Solar dengan MyPertamina, Berlaku Mulai 1 Juli 2022
Berlaku mulai 1 Juli 2022, simak cara beli Pertalite dan Solar melalui MyPertamina. Bisa tanpa aplikasi! (Unsplash/nordwood themes).

Pendaftaran MyPertamina untuk beli Pertalite dan Solar bisa dilakukan melalui aplikasi MyPertamina yang tersedia di App Store maupun Play Store. Bisa juga melalui situs resmi https://subsiditepat.mypertamina.id/. Berikut caranya:

1.  Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya

2.  Buka website subsiditepat.mypertamina.id

3.  Centang informasi memahami persyaratan

4.  Klik daftar sekarang

5.  Ikuti instruksi dalam website tersebut

6.  Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala

7.  Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina

Tak Perlu Bawa HP

How To: Cara Beli Pertalite dan Solar dengan MyPertamina, Berlaku Mulai 1 Juli 2022
Berlaku mulai 1 Juli 2022, simak cara beli Pertalite dan Solar melalui MyPertamina. Bisa tanpa aplikasi! (Unsplash/visual karsa).

Eko Kristiawan selaku Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat mengatakan jika kendaraan dan identitas masyarakat sudah terkonfirmasi dan terdaftar melalui MyPertamina, pengguna akan mendapatkan QR Code unik yang dapat digunakan untuk membeli Pertalite dan Solar.

QR Code tersebut bisa diprint sehingga tidak perlu khawatir jika tidak membawa ponsel saat membeli BBM Pertalite dan Solar. Atau bisa juga menyimpan QR Code di galeri HP masing-masing. Nantinya QR code tersebut akan dicocokan datanya di SPBU sebelum Pertamina melayani transaksi Pertalite dan Solar.

“Untuk pembayaran pun, masih sama dengan transaksi seperti biasa. Masyarakat memiliki banyak opsi, mulai pembayaran tunai, kartu kredit/debit, ataupun non tunai, tidak terbatas hanya menggunakan MyPertamina,” kata Eko.

 

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓