Sukses

Info

123 Nakes yang Gugur Akibat Covid-19 Mendapat Tanda Kehormatan

Fimela.com, Jakarta Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan tanda kehormatan kepada 127 orang yang dinilai berjasa bagi Indonesia. Dari total keseluruhan penerima, sebanyak 123 penerima merupakan tenaga medis dan kesehatan yang gugur dalam menangani pandemi Covid-19. Pemberian tanda kehormatan ini diberikan di Istana Negara Jakarta pada Jumat (12/08/2022).

Dilansir dari Liputan6.com terdapat dua jenis penghargaan yang diberikan kepada tenaga medis dan kesehatan yaitu, tanda kehormatan bagi Bintang Jasa Pratama untuk 98 penerima dan Bintang Jasa Nararya untuk 23 tenaga kesehatan. 

"Total keseluruhan 127 penerima yang berasal dari tokoh masyarakat, ilmuwan, mantan pejabat kemiliteran, serta para tenaga medis dan kesehatan yang gugur dalam menangani Covid-19," kata Kepala Biro Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono dilansir dari Liputan6.com.

Tahun ini tanda kehormatan terdiri atas Bintang Mahaputera Pratama, Bintang Tanda Jasa Utama, Bintang Budaya Parama Dharma, Bintang Jasa Pratama, dan Bintang Jasa Nararya yang diberikan kepada para penerima berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 64, 65, dan 66/TK Tahun 2022 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Pratama, Bintang Jasa, dan Bintang Budaya Parama Dharma.

Daftar penerima tanda kehormatan

Selain tenaga medis dan kesehatan, tanda kehormatan ini diberikan juga kepada Sastrawan, Arkeolog, Seniman, hingga Irjen Kementerian Pertahanan 2019-2022. Tanda kehormatan ini diberikan kepada 7 ahli waris yang hadir di Istana sebagai perwakilan penerima tanda kehormatan. Berikut daftar 7 penerima tanda kehormatan:

  1. Ahli Waris Alm. Ajip Rosidi (Sastrawan) yang dianugerahi Bintang Mahaputera Pratama
  2. Letjen TNI (Purn) Ida Bagus Purwalaksana, Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan 2019-2022 yang dianugerahi Bintang Jasa Utama
  3. Ahli Waris Almarhum Prof. Dr. Mundardjito (Arkeolog yang dianugerahi Bintag Budaya Parama Dharma
  4. Ahli Waris Almh. dr.Carolina Rezeki Sihombing (Dokter Spesialis RSUD Kota Depok) yang dianugerahi Bintang Jasa Pratama
  5. Ahli Waris Alm. Sunjaya (Kepala Puskesmas UPTD Puskesmas Sukatani Kabupaten Bekasi) mewakili 98 penerima lainnya yang dianugerahi Bintang Jasa Prama
  6. Alm. Gugum Gumbira (Seniman Tradisi Sunda) yang dianugerahi Bintang Jasa Nararya
  7. Almh. Dewi Wikantini (Bidan Penyelia UPTD Puskesmas Bakti Jaya Kota Depok) mewakili 22 penerima lainnya yang dianugerahi Bintang Jasa Nararya.

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading