Sukses

Info

Respons Kominfo Tentang Kabar Bocornya 1,3 Miliar Data Registrasi Simcard Prabayar

Fimela.com, Jakarta Sebanyak 1,3 miliar data registrasi SIM Prabayar atau nomor simcard ponsel diduga bocor dan dijual oleh forum online breached.to. Menanggapi kabar ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melakukan penelusuran internal perihal kebocoran data tersebut. Hasil penelusuran menunjukkan, Kominfo tidak memiliki aplikasi untuk menampung data registrasi prabayar dan pascabayar.

"Berdasarkan pengamatan atas penggalan data yang disebarkan oleh akun Bjorka, dapat disimpulkan bahwa data tersebut tidak berasal dari (server) Kementerian Kominfo," kata Kominfo, dikutip Jumat (2/9/). 

Selain Kominfo, beberapa operator seluler juga turut buka suara terkait hal ini. Di antaranya Telkomsel, XL, Axiata, dan Indosat Ooredoo.

"Sesuai hasil pemeriksaan awal dari internal Telkomsel, dapat kami pastikan bahwa data yang diperjualbelikan di forum breached.to, bukan berasal dari sistem yang dikelola Telkomsel," kata Vice President Corporate Communications Telkomsel, Saki Hamsat Bramono melalui pesan singkat, Kamis (1/9).

Tanggapan Telkomsel

Operator seluler Telkomsel turut memberikan tanggapan mengenai keamanan data para pelanggannya. Saki Hamsat mengungkapkan perusahaan memastikan dan menjamin hingga saat ini data pelanggan yang tersimpan dalam sistem Telkomsel tetap aman dan terjaga.

"Telkomsel secara konsisten telah menjalankan operasional sistem perlindungan dan keamanan data pelanggan dengan prosedur standard operasional tersertifikasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku di industri telekomunikasi di Indonesia," jelas Saki.

Saki juga menegaskan bahwa Telkomsel siap berkoordinasi langsung dengan seluruh pihak terkait. Hal ini dilakukan guna memastikan tindak lanjut bersama dalam penanganan isu tersebut, sesuai aturan yang berlaku.

Tanggapan Pihak XL Axiata dan Indosat Ooredoo Hutchison

Tanggapan juga datang dari XL Axiata yang diwakili oleh Group Head Coroporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih. Ia mengungkapkan XL Axiata senantiasa mematuhi (compy) terhadap aturan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, termasuk aturan mengenai keamanan dan kerahasiaan data (Peraturan Menkominfo Nomor 20 Tahun 2016)

"XL Axiata telah menerapkan standar ISO 27001, yakni sebuah standar internasional tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi," jelas Tri Wahyuningsih. Untuk perlindungan terhadap potensi gangguan keamanan data ternasuk data pelanggan, ia mengklaim XL Axiata sudah mengantisipasi melalui penerapan sistem IT yang solid.

XL Axiata memanfaatkan dukungan perangkat hardware atau pun software yang sudah disesuaikan dengan perkembangan teknologi terbaru yang memungkinkan untuk meminimalkan risiko keamanan yang muncul.

Di sisi lain, SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang mengatakan perusahaan telah memiliki penyimpanan data pelanggan sendiri dan memastikan keamanan data. Operator ini mengungkapkan bahwa mereka memiliki penyimpanan data tersendiri dan mematikan keamanan data pelanggan.

Kabar Berasal dari Tangkapan Layar

Bocornya 1,3 miliar data registrasi SIM Prabayar atau nomor simcard ponsel dari Kominfo diketahui dari tangkapan layar milik akun Bjorka di forum breached.to. Tangkapan layar ini dibagikan diakun Twitter @SRifqi, disebutkan bahwa data yang diperoleh berasal dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo)

Dijelaskan data berukuran 87GB ini berisikan NIK, nomor ponsel, operator seluler yang dipakai, dan tanggal registrasi. Diketahui, pemerintah memang menerapkan peraturan dimana pengguna ponsel dengan kharus mendaftarkan nomor HP mereka dilengkapi dengan KTP dan KK.

Bagi pihak yang tertarik untuk membeli data tersebut, Bjorka menjual 1,3 miliar data registrasi SIM Prabayar tersebut seharga 50.000 Dolar AS. Sebagai contoh atau sampel untuk membuktikan kebenarannya, sang penjual membagikan gratis dua juta sampel data registrasi miliknya tersebut.

"Datanya cukup dapat dipercaya dan menurut pengecekan secara random nomornya valid," kata pakar keamanan siber Alfons Tanujaya, seperti melansir dari Tekno Liputan6.com. 

*Penulis: Tasya Fadila

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading