Sukses

Info

Fakta di Balik Singapura Tarik Saus Sambal dan Kecap Manis ABC

Fimela.com, Jakarta Singapore Food Agency (SFA) umumkan salah satu produk ekspor RI ditarik dari peredaran. Dua produk tersebut adalah kecap manis dan sambal ayam goreng saus. Keduanya berasal dari merek ABC yang legendaris. Dikutip dari CNA, hal tersebut dilakukan karena kecap manis dan saus sambal ABC memiliki kandungan alergen di dalamnya, namun pihak produsen tidak mencantumkan zat tersebut. 

Menurut peraturan di Singapura produk makanan dengan bahan yang mampu menyebabkan hipersensitivitas harus dicantumkan pada label kemasan makanan. Bahan makanan tersebut harus dicantumkan pada label dengan urutan menurun sesuai dengan proporsinya. "Alergen dalam makanan bisa mengakibatkan reaksi alergi pada individu yang sensitif," ungkap SFA melalui siaran persnya. 

Kecap manis ABC mengandung sulfur dioksida. Untuk Sambal Ayam Goreng ABC yang diimpor oleh distributor Arklife memiliki kandungan benzoat di dalamnya. Dua kandungan tersebut tidak berbahaya, tapi bagi mereka yang memiliki alergi, hal ini bisa membahayakan. 

 

 

Kandungan alergen

"Konsumen yang telah memberi produk yang terkena dampak dan alergi terhadap alergen sebaiknya tidak mengkonsumsinya. Konsumen dapat menghubungi tempat pembelian untuk pertanyaan," tambah SFA.

Selain dua produk asal Indonesia ini, otoritas setempat juga menarik Fukutoku Seika Soft Cream Wafer yang berasal dari Jepang. Makanan ringan ini terdeteksi mengandung alergen putih telur dan tepung terigu.

Sama seperti produk ABC Indonesia, makanan yang diimpor oleh Sinhua Hock Kee Trading ini tidak menuliskan kandungan zat dalam label makanan.

Berikut klarifikasi yang diberikan oleh PT Heinz ABC Indonesia.

1. Masuknya kedua varian produk ABC tersebut di atas, yaitu Kecap Manis ABC dan Sambal Ayam Goreng ABC ke pasar Singapura merupakan tindakan paralel impor yang dilakukan oleh distributor tidak resmi (unauthorized distributor) dan tidak melalui koordinasi dengan PT Heinz ABC Indonesia sebagai perusahaan pembuat produk dan pemilik resmi merek ABC.

2. Adapun kedua produk tersebut, Kecap Manis ABC dan Sambal Ayam Goreng ABC, bukanlah varian produk yang secara khusus diperuntukan untuk diekspor ke pasar Singapura.

3. PT Heinz ABC Indonesia memiliki komitmen tertinggi untuk menjaga menjaga standar kualitas dan keamanan dari seluruh produk-produk kami, dengan senantiasa memastikan kepatuhan terhadap seluruh peraturan yang berlaku, baik di negara Indonesia maupun seluruh negara yang menjadi tujuan ekspor kami.

Hal ini menyangkut seluruh aspek keamanan pangan, termasuk penggunaan bahan baku, proses produksi, hingga standar informasi pada label kemasan.

4. Kami akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan standar kualitas dan keamanan pangan dari seluruh produk PT Heinz ABC Indonesia tetap terjaga dengan baik. 

#Women for women 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading