Sukses

Info

Prediksi Tata Cara Penobatan Charles Sebagai Raja Baru Inggris, Tidak Langsung Kenakan Mahkota Raja

Fimela.com, Jakarta Takhta Kerajaan Inggris secara langsung turun ke tangan Pangeran Charles pasca meninggalnya Ratu Elizabeth II. Sebagai putra sulung, Pangeran Charles akan menggantikan Ratu Elizabeth II yang telah berkuasa di Inggris selama 70 tahun.

Meski takhta Kerajaan Inggris secara langsung diteruskan oleh Charles, namun ia tidak serta merta secara langsung dinobatkan sebagai raja. Ada beberapa tata cara dan tradisi dari Kerajaan Inggris yang dilalui Charles sebelum resmi dipanggil Raja Charles III.

Mengutip dari The Times, Charles diperkirakan akan diangkat resmi sebagai raja baru Inggris pada Sabtu (10/9/2022). Penobatannya sendiri akan berlangsung di Istana St. James di London di depan Dewan Aksesi yang merupakan badan upacara Inggris.

Diperkirakan akan ada sekitar 200 orang Dewan Aksesi yang hadir dalam acara penobatan tersebut. Meski Dewan Aksesi sendiri memiliki lebih dari 700 orang anggota.

 

Tata cara penobatan Charles

Prosesi penobatan Charles sebagai raja baru Inggris dimulai dengan mengumumkan kabar kematian Ratu Elizabeth II oleh Lord President of the Privy Council dan pembacaan proklamasi. Dalam proklamasi ini akan berisi rangkaian doa dan janji, memuji pemimpin sebelumnya, dan menjanjikan dukungan untuk pemimpin yang baru.

Setelah itu, proklamasi ditandatangani para tokoh senior yang terdiri dari perdana menteri, Uskup Agung Canterbury, dan Lord Chancellor. Raja kemudian akan menghadiri pertemuan kedua Dewan Aksesi bersama Dewan Penasihat untuk membuat deklarasi raja baru dengan tradisi yang berasal dari awal abad ke-18, ia akan membuat sumpah untuk melestarikan Gereja Skotlandia.

Diiringi dengan seruan terompet, pengumuman publik akan dibuat yang menyatakan Charles sebagai raja baru Inggris. Pengumuman ini akan dibuat dari balkon di atas Friary Coutt di St. James's Palace oleh Garter King of Arms.

 

Menyerukan God save the King

Untuk pertama kalinya, Charles akan menyerukan "God save the King" sejak 1952. Dan akan menjadi bagian dari lagu kebangsaan Inggris. Hormat senjata akan ditembakkan di Hyde Park, Menara London, dan kapal angkatan laut. Pengumuman Charles sebagai raja akan dibacakan di Edinburgh, Cardiff, dan Belfast.

Penyematan makhota secara di kepala Charles menjadi titik simbolis tertinggi dari aksesi. Namun, ini tidak akan terjadi saat momen penobatan Charles karena dibutuhkannya persiapan yang lebih panjang. Ratu Elizabeth II sendiri naik takhta pada 1952 namun baru menerima mahkota pada 1953.

Raja baru Inggris juga akan mengambil sumpah penobatan di depan publik. Selama rangkaian upacara ini, Charles akan menerima bola dan tongkat kerajaan sebagai simbol dari peran barunya. Uskup Agung Canterbury akan menempatkan mahkota emas murni di kepalanya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading