Sukses

Info

Kenali Program Rapor Pendidikan dari Kemendikbudristek serta Cara Mengaksesnya

Fimela.com, Jakarta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah meluncurkan platform Rapor Pendidikan untuk menyediakan data evaluasi sistem pendidikan yang menjadi sumber data tunggal yang terintegrasi dari berbagai sumber data, seperti Asesmen Nasional, Dapodik, dan survei pendidikan tingkat nasional lainnya.

Dilansir dari raporpendidikan.kemdikbud.go.id Rapor Pendidikan adalah platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan dari Rapor Mutu yang sudah ada sebelumnya. Kebijakan evaluasi sistem pendidikan yang baru ini menekankan pada orientasi terhadap mutu pendidikan dan sistem yang terintegrasi. 

Sehingga diharapkan Rapor Pendidikan dapat menjadi acuan untuk mengidentifikasi, merefleksi, dan membenahi kualitas pendidikan Indonesia secara menyeluruh, karena disebut sebagai penyempurnaan dari Rapor Mutu yang sudah ada sebelumnya.

Data yang ada di Rapor Pendidikan terdiri dari 5 dimensi yang secara komperhensif melihat mutu dan capaian hasil belajar dari satuan pendidikan, yaitu:

  1. Mutu dan relevansi hasil belajar
  2. Mutu dan relevansi hasil pembelajaran
  3. Pemerataan pendidikan yang bermutu
  4. Kompetensi dan kinerja GTK
  5. Pengelolaan sekolah yang partisipatif, transparan, dan akun tabel

Data yang terdapat di Rapor Pendidikan menjadi analisis kondisi, perencanaan, serta tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan di satuan pendidikan dan daerah. Selain itu data ini digunakan sebagai penyusun aksi dalam rangka perbaikan pelayanan pendidikan, seperti digunakan dalam kegiatan perencanaan berbasis data.

 

 

Cara Akses Rapor Pendidikan

Sebelum mengakses Rapor Pendidikan, perlu diketahui bahwa yang dapat mengakses platform tersebut hanya kepala sekolah, tenaga pendidik, dan dinas pendidikan setempat. 

1. Ketik laman situs raporpendidikan.kemdikbud.go.id pada peramban desktop maupun gawai sahabat Fimela.

2. Tekan tombol “Masuk dengan akun belajar.id”. 

3. Masukan email akun pembelajaran dengan domain belajar.id. Seperti @dinas.belajar.id, @admin.jenjang.belajar.id, atau @guru.jenjang.belajar.id.

4. Kemudian, tekan tombol berikutnya untuk memasukkan kata sandi.

Perlu diketahui bahwa Rapor Pendidikan hanya dapat diakses oleh akun pembelajaran yang sudah aktif dan didaftarkan sebelumnya.

Jika mengalami kendala saat masuk ke Rapor Pendidikan:

  1. Pastikan akun Belajar.id sahabat Fimela memiliki domain berakhiran @dinas.belajar.id, @admin.jenjang.belajar.id, atau @guru.jenjang.belajar.id
  2. Untuk memeriksa ketersediaan dan mengaktifkan akun pembelajaran, sahabat Fimela dapat masuk melalui alamat ‘Belajar.id’ yang ada di peramban
  3. Jika belum berhasil masuk, sahabat Fimela dapat  menghubungi Layanan Bantuan Rapor Pendidikan dengan menekan tombol ‘Hubungi Kami’ pada bagian kanan bawah halaman utama platform Rapor Pendidikan

Manfaat Penggunaan Rapor Pendidikan

  1. Referensi utama sebagai dasar analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan
  2. Satu-satunya platform untuk melihat hasil Asesmen Nasional
  3. Sumber data yang objektif dan andal di mana laporan disajikan secara otomatis dan terintegrasi
  4. Instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan baik untuk evaluasi internal maupun eksternal
  5. Alat ukur yang berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar (output)
  6. Platform penyajian data yang terpusat. Satuan pendidikan tidak perlu menggunakan beragam aplikasi sehingga diharapkan dapat meringankan beban administrasi

Dengan melihat manfaat Rapor Pendidikan di atas, penggunaan Rapor Pendidikan sangat disarankan bagi satuan pendidikan atau dinas karena dapat digunakan sebagai bahan acuan dasar untuk melaksanakan Perencanaan Berbasis Data.  

Cara mengunduh hasil Rapor Pendidikan

1. Klik menu "Tindak Lanjut" pada bagian atas laman Rapor Pendidikan

2. Pilih tahun di mana data disajikan, lalu klik “Unduh”

3. Jika data sudah berhasil diunduh, Anda akan mendapatkan pemberitahuan seperti di bawah ini, kemudian Anda dapat memilih file excel yang berhasil diunduh

4. Jika data sudah berhasil diunduh, Anda akan mendapatkan pemberitahuan seperti di bawah ini. Kemudian Anda dapat memilih berkas Excel yang berhasil diunduh.

Jika Anda sudah berhasil mengunduh data hasil Rapor Pendidikan, rincian data yang akan didapatkan adalah sebagai berikut:

  • Nomor dan Nama Indikator
  • Nilai Sekolah Capaian
  • Detail Perbandingan
  • Rentang nilai
  • Definisi Indikator
  • Definisi Capaian Waktu Pengkinian data
  • Level

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading