Sukses

Info

BMKG: Waspada Gempa Susulan Setelah Gempa M 5,6 Cianjur yang Terasa Hingga Jakarta

 

Fimela.com, Jakarta Gempa dengan magnitudo 5,6 di Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) dirasakan hingga ke ibu kota Jakarta. Lokasi gempa sendiri dilaporkan berada di 10 km barat daya Kabupaten Cianjur yang terjadi pada pukul 13.21 WIB.

Dalam laman resminya, BMKG membuat peringatan atau warning tentang kemungkinan gempa susulan yang bisa saja terjadi.  “Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi,” begitu saran BMKG.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono menambahkan jika gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Namun, hingga kini, dilaporkan banyak kerusakan bangunan seperti rumah tan doko, juga dampak longsor di wilayah Cianjur. 

Dia juga merinci jika hingga pukul 14.00 WIB, BMKG mencatat adanya 15 aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar M4.0, seperti melansir dari Liputan6.com. 

 

 

Masyarakat agar Tetap Tenang

Ia mengimbau pada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Lalu, ia meminta agar masyarakat menghindar dari bangunan yang retak atau rusak karena gempa. 

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal kita cukup tahan gempa, atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah,” ujar Daryono. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading