4 Penyebab Transaksi Gagal di ATM yang Paling Sering Terjadi

Vania Al kautsar23 Nov 2022, 14:50 WIB
Diperbarui 23 Nov 2022, 14:50 WIB
Atm - vania

Fimela.com, Jakarta Atm merupakan salah satu peralatan yang dapat mempermudah seseorang untuk melakukan transaksi mandiri tanpa perlu pergi ke bank, mulai dari melakukan transfer, tarik tunai, hingga setor tunai. Tentu atm hadir dapat mempermudah fasilitas nasabah untuk melakukan setiap transaksi yang dilakukan.

Dengan memiliki kartu atm tentu akan mempermudah banyak pembayaran yang dilakukan terutama pada mesin ATM. Selain itu sekarang sudah banyak mesin atm yang terdapat disetiap daerah mulai dari perkotaan hingga perdesaan. Tapi, pernahkah kamu mengalami masalah pada mesin atm setiap kali menggunakannya?

Masalah pada mesin atm atau adanya kesalahan saat melakukan transaksi dapat membuat seseorang panik dan khawatir. Beberapa masalah satu ini mungkin kerap terjadi, kegagalan transaksi pada mesin atm juga dapat membuat berbagai masalah yang menjadi penyebab utamnya. Berikut beberapa penyebab transaksi gagal di mesin atm yang kerap terjadi:

1. Saldo yang Tidak Cukup

ATM - Vania
Ilustrasi ATM/https://unsplash.com/Giovanni Gagliardi

Pernahkah kamu mengecek saldo di kartu atm sebelum melakukan transaksi? Alangkah baiknya jika kamu tidak mengetahui jumlah saldo yang ada di kartu ATM mengeceknya terlebih dahulu untuk memastikan saldomu cukup atau tidak. Biasanya bank memiliki ketentuan nominal saldo didalam kartu sehingga jika saldo yang tidak cukup dalam kartu maka tidak dapat melakukan berbagai macam transaksi mulai dari transfer hingga penarikan.

2. Nomor PIN Salah

ATM - Vania
Ilustrasi ATM/https://unsplash.com/Eduardo Soares

Jangan sampai lupa saat memasukkan pin ketika bertransaksi di mesin ATM, pasalnya 3 kali kesalahan memasukkan nomor pin ke dalam mesin dapat membuat kartu atm terblokir. Selain itu masalah satu satu dapat membuat banyak orang panik dan khawatir, jika kamu sering merasa lupa akan sesuatu ada baiknya untuk mencatat atau menulis pin kartu atm agar tidak salah saat memasukkannya.

3. Chip Kartu ATM Rusak

ATM - Vania
Ilustrasi ATM/https://unsplash.com/Timeo Buehrer

Dompet yang digunakan atau kartu atm yang terus menerus digunakan ternyata dapat mempengaruhi chip pada kartu atm, chp ini berfungsi untuk mendeteksi kartu atm agar dapat melakukan transaksi. Jika chip pada kartu atm mulai memudar atau mengalami berbagai macam goresan biasanya akan membuat mesin atm kesulitan untuk mendeteksi masalah satu ini.

4. Masalah Teknis

ATM - Vania
Ilustrasi ATM/https://unsplash.com/Nick Pampoukidis

Jika kamu tidak mengalami berbagai masalah seperti diatas bisa jadi mesin atm sedang mengalami beberapa masalah, berhati-hatilah saat mesin atm mengalami masalah biasanya akan membuat kartu atm tertelan dan menyebabkan berbagai macam hal lainnya yang mengakibatkan kartu atm mengalami masalah.

Nah, itulah beberapa penyebab mesin atm tidak melakukan transaksi saat digunakan. Beberapa masalah tersebut terkadang dapat menandakan bahwa kartu yang digunakan terdapat masalah atau kendala lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela