Sukses

Info

Rekap Peristiwa Penting yang Terjadi di Bank Victoria dari Januari-Desember 2022, Apa Saja?

Fimela.com, Jakarta PT Bank Victoria International Tbk atau biasa dikenal dengan sebutan Bank Victoria atau Bank merupakan sebuah perbankan komersial di Indonesia yang telah berdiri selama lebih dari 28 tahun. Setelah bertahun-tahun menemani para nasabah yang setia, tentunya Bank Victoria senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik dan selalu berinovasi untuk memenuhi berbagai kebutuhan nasabah sesuai dengan perkembangan zaman.

Menariknya, di tahun 2022 ini, ada beberapa peristiwa penting yang terjadi di Bank Victoria. Sejumlah kejadian ini pun juga sangat berharga dan patut untuk diketahui. Apa saja? Berikut rekapan kejadian Bank Victoria dari Januari-Desember 2022.

Soft Launching Bancassurance Partnership Bank Victoria & Allianz Indonesia

4 Februari 2022 - Sebagai bentuk komitmen Bank Victoria untuk terus berupaya meningkatkan produk dan layanan bagi Nasabah, telah diselenggarakan “Soft Launching Bancassurance Partnership 2022: Go Digital, to Protect Your Future”. Hal ini merupakan bentuk kerja sama (Bancassurance) antara Bank Victoria & Allianz Indonesia dalam penyediaan produk asuransi Allianz Life Indonesia, yang dapat disesuaikan oleh kebutuhan Nasabah Bank Victoria.

Acara ini diselenggarakan secara offline di Hotel Westin, Jakarta Selatan. Dihadiri oleh jajaran direksi dan eksekutif dari Allianz Indonesia & Bank Victoria. Hadir untuk menandatangani Sertifikat Kerjasama, Bapak Bianto Surodjo selaku Business Director Allianz Life Indonesia dan Bapak Ahmad Fajar, Direktur Utama Bank Victoria periode 2018-2022. Dalam acara tersebut, para pimpinan cabang Bank Victoria juga mendapatkan sesi motivasi dan team building bersama Yoriko Leonard sebagai motivator. 

Dari adanya kerja sama ini dalam memberikan pelayanan dan produk yang terbaik bagi nasabah, diharapkan ke depannya Bank Victoria dan Allianz Life Indonesia dapat terus menciptakan produk-produk yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah Bank Victoria, serta mendatangkan keuntungan bisnis bagi kedua belah pihak. 

Peresmian Bank Victoria sebagai Bank Persepsi

8 Maret 2022 - Telah diselenggarakannya acara Peresmian Bank Victoria sebagai Bank Persepsi. Acara ini dilakukan secara hybrid melalui zoom dan pertemuan fisik di KCU Graha BIP Bank Victoria, Jakarta Selatan. 

Acara peresmian ini dihadiri oleh Bapak Ahmad Fajar selaku Direktur Utama Bank Victoria periode 2018-2022 dan Bapak Dayu Rusanto selaku Perwakilan Direktur Pengelolaan Kas Negara, serta para tamu undangan dari kedua belah pihak. 

Salah satu agenda penting dalam acara ini yaitu dilakukannya Transaksi Perdana Penerimaan Negara secara elektronik langsung melalui MPN G3 dengan menggunakan Kanal Bayar: Teller dan Overbooking. Ke depannya, layanan ini juga akan dapat dilakukan secara digital menggunakan Internet Banking & Mobile Banking Bank Victoria. 

Pencapaian ini merupakan bukti nyata dari upaya Bank Victoria dalam memberikan yang terbaik bagi nasabah dengan penyediaan fitur layanan dan produk yang semakin lengkap. 

Penandatanganan Kerjasama Antara Bank Victoria & Yayasan Kesejahteraan Madani

 

31 Maret 2022 - Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, Bank Victoria Bersama Yayasan Kesejahteraan Madani telah menyelenggarakan acara Peresmian Kerjasama dalam rangka Penerimaan Zakat, Infaq dan Wakaf melalui Bank Victoria. 

Acara penandatanganan kerja sama yang dihadiri oleh Bapak Ahmad Fajar, Direktur Utama Bank Victoria periode 2018-2022 dan Bapak Sahabudin, Direktur Utama Yayasan Kesejahteraan Madani serta karyawan Bank Victoria dan perwakilan dari Yakesma.

Walaupun diselenggarakan secara daring, khidmat acara tetap terasa. Setelah prosesi penandatanganan, acara dilanjutkan dengan Webinar Bersama Dr. KH. Atabik Luthfi, Dewan Pengawas Syariah YAKESMA yang memberikan paparan materi bertemakan ‘Membangun Jejak Kebaikan dengan Zakat Profesi’. 

Program ini selain memberikan kemudahan bagi Nasabah Bank Victoria untuk dapat melakukan pembayaran zakat, infaq, dan dana sosial keagamaan lainnya secara digital melalui Internet Banking & Mobile Banking Bank Victoria, serta melalui teller di seluruh kantor cabang Bank Victoria.

Bank Victoria (BVIC) Terbitkan NCD Rp 220 Miliar untuk Meningkatkan Modal Kerja

01 September 2022 - PT Bank Victoria International Tbk (BVIC) telah menerbitkan negotiable certificate of deposit (NCD) senilai Rp 220 miliar. Menurut Wakil Direktur Utama Bank Victoria, Bapak Rusli, pendanaan ini digunakan dalam upaya peningkatan modal kerja dalam rangka pengembangan usaha. Hal ini khususnya untuk pemberian kredit serta memperbaiki maturity profile pendanaan secara keseluruhan, dan mempersempit maturity gap.

Sebagai informasi, ada dua jenis seri yang dikeluarkan pada pendanaan kali ini. Perbedaan pada keduanya dapat ditemukan pada besaran nominalnya, yaitu Seri A dengan jumlah sebesar Rp 60 miliar dan seri B sebesar Rp 160 miliar.

NCD Bank Victoria Seri A memiliki 9 bulan dengan tingkat diskonto 6,00%, dan jatuh tempo pada 1 Juni 2023. Sementara itu, seri B memiliki jangka waktu 12 bulan dan akan jatuh tempo pada 30 Agustus 2023 dengan tingkat diskonto 6,50%.

Event Gathering dari Bank Victoria di Kota Manado dan Surabaya

Oktober 2022 - Belum lama ini, Bank Victoria mengadakan event gathering di dua kota yang berbeda. Adapun acara ini, dilaksanakan oleh cabang Bank Victoria Manado pada tanggal 26 Oktober 2022 (Restaurant Istana Laut) dan 27 Oktober 2022 (Banking Hall Cabang Manado). Kemudian, ada pula event gathering yang diselenggarakan oleh cabang Bank Victoria Surabaya, tepatnya pada tanggal 09 November 2022 (Shangri-la Hotel) dan 10 November 2022 (Banking Hall Cabang Surabaya).

Event gathering kali ini bertujuan untuk menjaga hubungan baik dengan Nasabah. Selain itu, Bank Victoria cabang Surabaya dan Manado juga ingin memperkenalkan produk Bank Victoria secara lebih luas lagi. 

Adapun produk terbaru tersebut adalah Tabungan V-GOLD yang mana merupakan Tabungan Berhadiah Emas dari Bank Victoria. Sebagai informasi tambahan, produk ini baru saja diluncurkan pada tanggal 21 Oktober 2022 lalu. 

Perubahan Dewan Komisaris dan Direksi

Pada tahun 2022 ini, terdapat salah satu peristiwa penting lainnya. Hal tersebut adalah adanya Perubahan Dewan Komisaris dan Direksi dari Bank Victoria, di mana hal ini ditetapkan pada akta tanggal 28 Oktober 2022. Adapun susunan terakhir Dewan Komisaris dan Direksi PT Bank Victoria International Tbk saat ini yaitu sebagai berikut:

Dewan Komisaris:

Zaenal Abidin: Komisaris Utama Independen

Gunawan Tenggarahardja : Komisaris Independen

Sia Leng Ho: Komisaris

Direksi:

Achmad Friscantono: Direktur Utama

Rusli: Wakil Direktur Utama

Lembing: Direktur

Debora W. Tanoyo: Direktur

Tamunan: Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko

Hasil Pemeringkatan Tahunan PT Bank Victoria International Tbk

Sesuai dengan hasil pemeringkatan dari PT Pemeringkatan Efek Indonesia (PEFINDO), Bank Victoria mendapatkan hasil sebagai berikut :

Pemeringkatan atas PT Bank Victoria International Tbk Periode 26 Desember 2022 sampai dengan 01 Desember 2023, dengan peringkat idA- (Single A Minus; Stable Outlook) dan membaik dari sebelumnya idA- (Single A Minus; Negative Outlook).

Pemenuhan Ketentuan Modal Inti Minimum

Sebagai penutup pada pencapaian di tahun 2022 ini, PT Bank Victoria International Tbk (BVIC) telah berhasil melakukan pemenuhan modal inti minimal sebesar Rp 3 triliun sesuai dengan Ketentuan POJK Konsolidasi Bank Umum. Hal ini dibuktikan pada tanggal 23 Desember 2022, di mana BVIC dan PT Victoria Investama Tbk (VICO) telah menyelesaikan pengalihan saham PT Bank Victoria Syariah (BVIS) milik BVIC kepada VICO setelah memperoleh persetujuan dari OJK atas pengambilalihan BVIS oleh VICO pada tanggal 22 Desember 2022 (Transaksi Divestasi).

Adanya hal tersebut tentu dapat memberikan dampak positif pada peningkatan modal inti Bank Victoria sebesar ± Rp 360 miliar. Sebelumnya, tepatnya pada Oktober 2022, Bank Victoria juga telah menerima dana setoran modal sebesar Rp 200 miliar Rupiah yang dicatatkan dalam modal inti Bank Victoria pada bulan November 2022

Sehingga, berdasarkan Laporan Publikasi Bank Victoria posisi 30 September 2022, sebesar Rp2,503 triliun ditambah dengan realisasi Transaksi Divestasi dan pencatatan Dana Setoran Modal, maka Modal inti Bank Victoria telah melampaui Rp 3 triliun sesuai ketentuan yang berlaku.

Penghargaan yang Didapatkan Bank Victoria di Tahun 2022

Peristiwa penting di Bank Victoria nggak hanya sampai di situ saja ternyata. Pasalnya, selama tahun 2022 silam, Bank Victoria juga memperoleh beberapa penghargaan yang pastinya patut untuk diacungi jempol. Adapun berbagai penghargaan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Gold Award-Excellent dalam kategori The Best IT-for Public Bank Company Bank Buku 2 yang diselenggarakan Economic Review pada tanggal 25 Februari 2022.

2. Gold Award-Excellent ‘The Best Sales Marketing for Public Company 2022’ untuk kategori Bank BUKU 2 pada acara Indonesia Sales Marketing-Award-V-2022 (ISMA-V-2022), yang diselenggarakan oleh Economic Review pada tanggal 18 Maret 2022.

3. Gold Award-Excellent ‘The Best Annual Report for Public Company 2022’ untuk kategori Bank BUKU 2 acara Indonesia Indonesia Corporate Secretary & Corp. Communication Award-VII-2022, yang diselenggarakan oleh Economic Review pada tanggal 12 April 2022.

4. Indonesia Best Bank 2022 for The Optimizing Corporate Business Expansion dalam kategori KBMI 1, Private Bank, yang diselenggarakan Warta Ekonomi pada tanggal 25 Agustus 2022.

5. The Best Finance Bank Company Asset Rp 20 triliun-Rp 30 triliun yang diselenggarakan oleh Economic Review pada tanggal 21 Oktober 2022.

6. 3rd The Best GCG dalam kategori Aset Rp 20 triliun-Rp 30 triliun Bank Public Company yang diselenggarakan Economic Review pada tanggal 16 Desember 2022.

7. 3rd The Best Indonesia Enterprises Risk Management-V-2022 dalam kategori Aset Rp 20 triliun-Rp 30 triliun Bank Public Company yang diselenggarakan Economic Review pada tanggal 16 Desember 2022.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading