Sukses

Lifestyle

5 Tokoh Dunia yang Juga Mengidap Schizophrenia Seperti John Nash

Fimela.com, Jakarta John Nash bukanlah satu-satunya tokoh dunia yang menderita penyakit Schzophrenia.

Schizophrenia adalah penyakit mental yang ditandai dengan gangguan proses berpikir dan tanggapan emosi yang lemah. Keadaan ini pada umumnya dimanifestasikan dalam bentuk halusinasi, paranoid, keyakinan atau pikiran yang salah yang tidak sesuai dengan dunia nyata serta dibangun atas unsur yang tidak berdasarkan logika disertai dengan disfungsi sosial dan pekerjaan yang signifikan.

Inilah 5 tokoh dunia yang mengidap Schizophrenia.

Tom Harrell

Tom Harrell | via:

Tom Harrell disebut sebagai John Nash-nya Jazz. Melawan segala macam rintangan, Harrel berhasil berjuang dengan schizophrenia dan menjadi salah satu pemain terompet dan komposer paling dihormati dalam 30 tahun terakhir.

Meera Popkin

Meera Popkin | via: celebritytalent.net

Meera Popkin adalah aktris Broadway yang didiagnosis mengidap schizophrenia ketika sedang berperan di pertunjukkan Cats and Miss Saigon. Hidupnya berangkat dari panggung pertunjukkan dan limusin hingga ruang tunggu di Wendy's. Dia berhasil sembuh dari penyakitnya dan memiliki kehidupan yang lebih baik sekarang.

Mary Todd Lincoln

Mary Todd Lincoln | via: history.com

Dia adalah istri Presiden Amerika ke-16, Abraham Lincoln, dan ibu negara Amerika Serikat. Mary Todd Lincoln dan suaminya berbagi ambisi besar yang sama. Pada Februari 1862, putranya Willie meninggal di usia 11 tahun. Setelah kematiannya, Mary menghabiskan banyak uang untuk membayar semacam dukun untuk dapat menghubungi putranya yang sudah meninggal. Yang dia habiskan adalah uang keluarga yang tidak dimilikinya. Belakangan, Mary diketahui mengidap schizophrenia.

James Beck Gordon

James (Jim) Beck Gordon  | via: drummerworld.com

James adalah seniman rekaman, penulis lagu, dan musisi pemenang Grammy Awards. Dia menjadi salah satu drummer lepas di akhir 1960an hingga 1970an. Sekarang James dipenjara di Rumah Sakit Atascadero setelah membunuh ibunya. Dia mengakui kalau melakukan hal itu karena mengikuti permintaan salah satu suara di kepalanya. Ketika sidang berlangsung, James didiagnosa mengidap schizophrenia.

Roger Kynard Erickson

Roger Kynard Erickson | via: selvedgeyard.com

Roger adalah penyanyi America, penulis lagu, pemain harmonika, dan gitaris dari Texas. Dia adalah pelopor genre rock psikedelik. Sekitar tahun 1967, dia ditangkap karena kepemilikan obat terlarang dan dikurung di rumah sakit jiwa karena schizophrenia.

Sekeluarnya dari rumah sakit jiwa pada 1972, Roger menerbitkan buku puisi. Meski mentalnya masih belum stabil, dia kembali ke ranah musik lagi dalam kebangkitan psikedelik dan punk-rock. Musik yang dia buat bertemakan humor gelap dengan rasa supernatural yang membawanya pergi dari apa yang dulu dia mainkan. Selain itu lagunya berirama blues dan mengerikan dengan lirik penuh dengan monster yang menggelisahkan.

 

Nah, itu dia 5 tokoh dunia yang juga mengidap penyakit mental schizophrenia seperti John Nash.

 

Baca juga: Biopic John Nash Menangkan Berbagai Penghargaan

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading