Sukses

Lifestyle

Mengenal Malaikat Israfil Sang Peniup Terompet Sangkakala

Fimela.com, Jakarta Terompet sangkakala sebenarnya bukan hal baru. Dari kecil pastinya kamu sudah berulang-ulang mendengar kata ini. Terompet sangkakala jadi seperti cerita horor abadi. Pasti abis kamu tau, kata-kata yang keluar jadi, "Jangan sampe denger terompet sangkakala!" Karena sejatinya manusia itu enggan hidup, tapi takut mati juga (?).

Tokoh yang sering terkait dengan terompet sangkakala adalah malaikat Israfil. Itu bukan nama tunggal karena dalam Alkitab, dia disebut Rafael. Nih, Bintang.com kenalin sang peniup sangkakala dari berbagai tradisi.

1. Tradisi Yahudi

Saint Raphael the Archangel by Bartolomé Esteban Murillo | via: id.wikipedia.org

Dalam kitab Abrani, Israfil malah sama sekali tidak disebutkan. Nama Rafael atau Israfil justru tercatat pada kitab apokrif Yahudi, misalnya saja Kitab Henokh.

2. Tradisi Kristen Katolik

Rafael dalam Alkitab | via: tahupedia.com

Nama Rafael tidak ada dalam Alkitab Kristen. Nama tersebut muncul dalam kitab Deuterokanonika, yaitu Kitab Tobit, yang dianggap oleh Gereja Katolik Roma, Anglikan dan Ortodoks, tetapi digolongkan apokrif oleh gereja-gereja Kristen lainnya. Hari peringatan Rafael diperingati dalam kalender gereja Katolik Roma pada 29 September, bersama peringatan Mikhael dan Gabriel.

3. Tradisi Islam

Malaikat Israfil di Islam | via: fotovault.wordpress.com

Dalam Islam, Rafael dikenal sebagai malaikat Israfil. Memang tidak disebutkan dalam kitab Al-Qur'an secara gamblang kalau malaikat Israfil yang bertugas meniup Sangkakala. Namun, terdapat nukilan ijma’ yang menunjukkan, malaikat yang bertugas meniup sangkakala pada hari kiamat adalah malaikat Israfil.

Itu dia tadi pemahaman tentang Israfil atau Rafael sang peniup terompet sangkakala dari beberapa tradisi yang mungkin bisa jadi tambahan pengetahuan kamu.

 

Baca juga: NASA: Suara Terompet Dari Langit Bukan Sangkakala

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading