Sukses

Lifestyle

Takjub! Burung Garuda Simbol Pancasila Ternyata Betul-Betul Ada!

Fimela.com, Jakarta Burung Garuda simbol Pancasila itu benar-benar ada ya? Pertanyaan ini pasti sering banget kamu lontarkan dalam hati. Apakah hewan tersebut benar-benar ada atau hanya mitos belaka?

Sebelumnya, saat Hindu menyebar di tanah air, Garuda dikenal sebagai kendaraan Dewa Wisnu yang bersifat perkasa, setia kawan, dan berani. Dia punya bulu emas dan berjambul.

Elang Jawa (Via: Pinterest)Kuncinya ada di jambul. Ternyata para ahli tata negara menemukan seekor burung yang pas mewakili Garuda. Seluruh ciri-ciri lambang negara kita itu ada di burung jenis ini. Wah, burung apakah itu?

Elang Jawa (Via: suara-alam.com)Ternyata Elang Jawa yang berbahasa ilmiah Spizaetus Bartelsi diteliti memiliki kesamaan dengan Garuda, sekitar 99 persen. Namun sayang jumlahnya kini sudah sangat langka dan hanya sekitar 600 ekor di Pulau Jawa.Kelangkaan burung ini disebabkan elang Jawa betina biasanya bertelur dua tahun sekali juga tempat tinggal mereka yakni hutan-hutan yang dibabat habis oleh manusia.

Elang Jawa (Via: forum.indowebster.com)Hiks, sedih, ya. Mulai dari sekarang berjanjilah pada diri kamu agar bisa melestarikan elang Jawa hingga bertahan sampai masa depan. Kalau tidak, bisa jadi Garuda dan Pancasila hanya mitos belaka. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading