Sukses

Lifestyle

Sejarah SEA Games 2015 yang Perlu Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta SEA Games 2015 akan dibuka 5 Juni mendatang. Sebelum ikut merasakan keriaannya, ada baiknya kamu mengetahui sejarah dibalik penyelenggaraan pesta olahraga se-Asia Tenggara ini. Nih Bintang.com akan hadirkan khusus buat kamu~

Fakta #1

SEA Games | via: prediksibola2000.com

Pesta Olahraga Asia Tenggara (Southeast Asian Games atau disingkat SEA Games) adalah ajang olahraga yang diadakan setiap dua tahun dan melibatkan 11 negara Asia Tenggara.

Fakta #2

SEA Games | via: berita-bola-maniak.blogspot.com

Peraturan pertandingan di SEA Games berada di bawah naungan Federasi Pesta Olahraga Asia Tenggara (Southeast Asian Games Federation) dengan pengawasan dari Komite Olimpiade Internasional (International Olympiade atau IOC) dan Dewan Olimpiade Asia (Olympic Council Asia atau OCA).

Fakta #3

 

SEA Games | via: en.wikipedia.org

SEA Games berawal dari Pesta Olahraga Semenanjung Asia Tenggara (Southeast Asian Peninsular Games SEAP Games). SEAP Games dicetuskan oleh Laung Sukhumnaipradit yang pada saat itu menjabat Wakil Presiden Komite Olimpiade Thailand. Tujuannya adalah untuk mengeratkan kerjasama, pemahaman dan hubungan antar negara di kawasan semenanjung Asia Tenggara.

Fakta #4

 SEA Games | via: mapsofworld.com

Thailand, Burma, Malaysia, Laos, Vietnam dan Kamboja (dengan Singapura dimasukkan kemudian) adalah negara-negara pelopor. Mereka setuju untuk mengadakan ajang ini dua tahun sekali. Selain itu dibentuk juga Komite Federasi SEAP Games.

Fakta #5

SEA Games | via: en.wikipedia.org

SEAP Games pertama diadakan di Bangkok dari 12 sampai 17 Desember 1959, diikuti oleh lebih dari 527 atlet dan panitia dari Thailand, Burma, Malaysia, Singapura, Vietnam dan Laos yang berlaga dalam 12 cabang olahraga.

Fakta #6

SEA Games | via: en.wikipedia.org

Pada SEAP Games VIII tahun 1975, Federasi SEAP mempertimbangkan masuknya Indonesia dan Filipina. Kedua negara ini masuk secara resmi pada 1977, dan pada tahun yang sama Federasi SEAP berganti nama menjadi Southeast Asian Games Federation (SEAGF), dan akhirnya menjadi SEA Games.

Fakta #7

SEA Games | via: soklak.org

Brunei dimasukkan pada Pesta Olahraga Asia Tenggara X di Jakarta, Indonesia, dan Timor Leste di Pesta Olahraga Asia Tenggara XXII di Hanoi, Vietnam.

 

Nah itulah sejarah dibalik penyelenggaraan SEA Games 2015.

 

Baca juga: Ibnu Jamil Persembahkan Panasonic Awards Untuk Atlet Sea Games 2015

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading