Begini Caranya Main Pancasila Lima Dasar

Asnida Riani03 Jun 2015, 13:15 WIB
Begini Caranya Main Pancasila Lima Dasar

Bintang.com, Jakarta Kamu yang anak 90-an pasti tau banget permainan Pancasila lima dasar. Tapi, kalo kamu lupa bagaimana cara mainnya, enggak usah sedih, Bintang.com bakal kasih tau kamu cara memainkannya. ReadyLet's go!

1. Tentukan Kategori

Menentukan kategori menjadi titik awal permainan pancasila lima dasar | via: missleterati.com

Sebelum mulai, kamu harus siapkan kertas selembar dan alat tulis. Buat kesepakatan dengan teman kamu, kategori apa saja yang akan kalian pakai. Yang paling umum biasanya nama buah, negara, hewan, dan artis. Nah, di kertas itu kamu buat kolom yang memisahkan kategori-kategori tersebut.

2. Menentukan Huruf Awal dari Pengisian Kategori

Melakukan penentuan abjad penulisan kategori jadi tahap selanjutnya permainan pancasila lima dasar | via: blog.tokopedia.com

Tahap ini biasanya kamu melakukan semacam gambreng sambil menyerukan,"pancasila lima dasar.", kamu bisa tentukan berapa jarimu yang hendak masuk kehitungan. Setelah, digabungkan dengan jari-jari tangan temanmu yang lain, akan ditemukan abjad awal kalian harus menuliskan kategori tersebut.

Misalnya saja, huruf D yang muncul. Jadi, kamu harus menuliskan kategori yang telah disepakati dengan awalan huruf D. Seru, kan?

3. Penentuan Skor

Skor tertinggi jadi pemenang dalam permainan pancasila lima dasar | via: public.csr.nih.gov

Setelah kamu selesai menuliskan kategori-kategori tersebut, sekarang waktunya dicocokkan dengan temanmu yang lain. Kalau tidak ada jawaban yang sama, skornya 100 tapi, kalau ada yang sama jadi 50.

Hal ini terus berulang, berapa kali putarannya pun tergantung dari kesepakatan pemain. Pemenang ditentukan berdasarkan skor paling tinggi.

Itu dia cara kamu main Pancasila lima dasar versi Bintang.com. Biasanya ada hukuman bagi yang kalah. Entah dicoret mukanya atau bermain sambil jongkok. Pegel, kan tuh? Hihihihihi.

 

Baca juga: Versi Lagu Garuda Pancasila yang Nggak Kamu Duga