Sukses

Lifestyle

Lagu-lagu Indonesia yang Pernah Dilarang Beredar oleh Pemerintah

Fimela.com, Jakarta Terbatas. Mungkin itu adalah kalimat yang tepat untuk menggambarkan industri musik Indonesia zaman dahulu, khususnya zaman orde baru. Jauh sebelum Raisa, Agnes Monica, atau band-band yang lagi ngehits ada, musisi Indoensia begitu terbatas untuk menghasilkan karya yang bebas. Banyak lagu-lagu yang sudah tercipta kemudian dilarang peredarannya oleh pemerintah.

Seperti yang terjadi pada musis-musisi berikut ini. Pemerintah menganggap lirik lagu-lagu ini bersifat negatif dan provokatif sehingga dilarang untuk diperdengarkan. Langsung aja deh nih simak artikel berikut biar lebih jelas. Cus!

1. Genjer-genjer

Lagu Genjer-genjer ini dilarang karena identik dengan Partai Komunis Indonesia (PKI). Lagu ini dibawakan oleh Adi Bing Slamet dan Lilis Suryani pada zaman Orde Lama.

2. Paduka yang Mulia

Lagu yang juga dibawakan oleh Lilis Suryani ini juga pernah dilarang untuk diperdengarkan pada zaman Orde Baru karena berkitan dengan Orde Lama.

3. Bento

Iwan Fals adalah musisi yang lantang bersuara melalui lagu. Kelantangannya itu berbuah cekalan dari pemerintah karena dianggap meresahkan. Entah meresahkan siapa.

4. Bongkar

Nggak cuma lagu berjudul Bento saja yang dicekal oleh pemerintah. Iwan Fals juga harus menerima kenyataan kalau lagu Bongkar-nya dicekal.

5. Surat untuk Wakil Rakyat

Satu lagi lagu berjudul Surat untuk Wakil Rakyat dari Virgiawan Listanto alias Iwan Fals ini juga tak sepaham dengan pemerintah. Selain tiga lagu tersebut, masih ada beberapa lagu Iwan Fals lainnya yang dicekal.

6. Mimpi Siang Bolong

Siang Bolong - Doel Sumbang (Via: youtube.com)

Lagu Doel Sumbang yang berjudul Siang Bolong juga pernah berurusan dengan pemerintah. Sebab, lirik lagu ini dianggap memojokan pemerintah.

7. Pak Tua

Pak Tua merupakan lagu dari Elpamas yang sempat ngehits di tahun 90-an. Konon lagu ini diciptakan oleh Iwan Fals.

8. Gossip Jalanan

Pada 2008, Slank juga pernah kena cekal nih di lagunya yang berjudul Gossip Jalanan.

9. Judul-judulan

Lirik lagu milik Pengantar Minum Racun ini dianggap vulgar, sehingga dicekal oleh pemerintah. Duh! Padahal lagunya asik buat goyang.

Selain lagu-lagu di atas, masih ada beberapa lagu yang pernah kena cekal. Mau menambahkan? Silahkan tulis kolom komentar ya, Guys!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading