Sukses

Lifestyle

Hari Ayah Sedunia: Beda Negara Beda Tradisi

Fimela.com, Jakarta Hari ayah sedunia dirayakan sejak tahun 1972. Saat itu, orang-orag merayakannya dengan memberikan ayah dasi, mug atau kaos bertuliskan "the Best Dad's Ever" atau ayah terbaik sepanjang masa. Sebagian besar negara merayakan hari spesial ini setiap minggu ketiga bulan Juni. Walaupun begitu, tiap-tiap negara punya tradisi yang berbeda dalam merayakannya.

Meksiko

Ilustrasi perayaan hari ayah di meksiko | via: timeanddate.com

Di Meksiko, perayaan hari ayah ini enggak cuma diperuntukkan bagi para ayah. Tetapi juga merayakannya bagi orang yang dianggap kebapakkan. Orang Meksiko pada hari istimewa ini banyak yang merayakannya bersama kakek, ayah tiri, bahkan orang yang tidak ada hubungan darah yang sudah dianggap sebagai ayah sendiri. Selain itu juga dirayakan dengan makan bersama dengan keluarga besar.

Jepang

Ilustrasi perayaan hari ayah di Jepang | via: blog.japancentre.com

Dalam bahasa Jepang, hari ayah disebut dengan Chichi No Hi. Jepang memiliki tradisi yang unik dan kreatif. Anak-anak memberikan hadiah kepada ayahnya berupa hasil karya mereka sendiri. Bisa juga dengan memberikan gelas beer ataupun permen.

Jerman

Ilustrasi perayaan hari ayah di Jerman | via: lincolnsquarecc.wordpress.com

Jerman merayakan hari ayah berbeda dengan negara umumnya, yaitu pada minggu keenam setelah paskah. Para ayah di Jerman pada hari itu akan berkumpul bersama dan berpesta. Tradisi ini sebenarnya adalah bagian dari Männertag atau harinya para pria di mana para pria dapat mabuk, dan merayakannya dengan minuman.

Brazil

Ilustrasi perayaan hari ayah di Brazil | via: mytownsquarelasvegas.com

Negara satu ini juga merayakannya berbeda dengan negara pada umumnya, yaitu Dia dos Pais. Hari ayah di Brazil identik dengan daging. Seluruh keluarga berkumpul dan berpesta daging panggang. Kamu bisa makan daging panggang sepuas kamu di halaman rumah atau churrascaria atau Brazilian Steakhouse.

Swedia

Ilustrasi perayaan hari ayah di Swedia | via: buildingourstory.com

Berbeda lagi dengan Swedia, yang merayakannya di minggu kedua bulan November. Orang-orang Swedia mulai merayakan hari ayah sejak tahun 1930. Seperti di Jepang, para ayah biasanya akan menerima dasi pada hari yang istimewa ini dari anak-anak mereka.

Kalau kamu, gimana tradisi kamu merayakan hari ayah sedunia? :)

 

Oleh: Karla

 

[Baca juga]: Jangan Ngaku Udah Ngerayain Hari Ayah Kalau Belum Lihat Foto Ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading