Sukses

Lifestyle

Hentikan Mimisan pada Hidung Pakai 6 Bahan yang Ada di Dapurmu

Fimela.com, Jakarta Mimisan merupakan pendarahan yang terjadi pada hidung. Banyak hal yang menyebabkan hidung mimisan. Suhu tubuh yang terlalu tinggi, misalnya. Untuk mengentikannya, kamu nggak perlu panik. Langkah pertama, kamu bisa menengadahkan kepalamu untuk beberapa saat sambil membersihkan darah yang keluar dari hidung. Setelah itu, kamu bisa gunakan bahan-bahan yang ada di dapur untuk menghentikannya.

Garam

Garam (Via: sahabathawa.com)

Campur 1 cangkir air dengan sesendok teh garam dan cuka secukupnya untuk melarutkan garam. Aduk sampai garam larut, tambahkan jus lemon. Aduk rata. Hirup dalam-dalam aromanya. Pendarahan akan berhenti dalam beberapa hirupan.

Bawang Merah

Bawang merah (Via: kesehatan.kampung-media.com)

Bawang adalah agen pembeku darah yang baik. Cincang halus 1 buah bawang merah dan letakan di hidung bagian luar. Rasa panas pada bawang bisa menghentikan pendarahan. Kamu juga bisa mengambil kapas dan merendamnya di jus bawang dan letakan di dalam hidung selama 3-4 menit.

Vitamin C

Vitamin C (Via: drwillard.com)

Konsumsi makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi untuk melindungi pembuluh darahmu. Untuk pencegahan jangka panjang, konsumsi vitamin C seperti jeruk, lemon, dan buah lainnya setiap hari.

Air Putih

Air minum (Via: blog.tokopedia.com)

Kekeringan pada hidung bisa jadi satu alasan kenapa kamu mimisan. Minum air secara cukup setiap harinya merupakan hal yang sangat penting, terlebih selama musim pana di tempat yang kering pula. Jadi, cukupi tubuhmu dengan 8-10 gelas perhari untuk menghindari hidung mimisan.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel (Via: sapujagat.com)

Cuka sari apel berguna untuk menghentikan mimisan. Bahan yang satu ini bisa menghentikan kehilangan darah dan meutup dinding pembuluh darah. Rendam kapas kecil ke dalam cuka sari apel dan letakan pelan-pelan ke dalam hidung. Diamkan selama 10 menit, dan pendarahan akan berhenti.

Es Batu

Es batu (Via: fitrarahim.blogspot.com)

Es batu merupakan salah satu bahan yang ampuh untuk hentikan mimisan, karena bisa membekukan darah, dan meredakan inflamasi. Bungkus beberapa batu es dengan handuk dan letakan pada hidungmu selama 5-10 menit. Es batu akan menghentikan mimisanmu dalam sekejap.

Semoga mimisan segera terhenti ya dengan memanfaatkan bahan dapur. :D

Baca juga: Enyahkan Bau di Dapur dengan 9 Cara Ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading