Sukses

Lifestyle

7 Syarat yang Harus Dipenuhi untuk Menjadi Pemimpin Berkualitas

Fimela.com, Jakarta Setiap orang adalah pemimpin. Minimal memimpin diri sendiri sebelum bisa memimpin orang lain. Masalahnya, bagaimana menjadi pemimpin yang baik? Selain memiliki dedikasi tinggi dan keuletan, ada syarat lain yang harus dimilikimu sebagai pemimpin, atau paling enggak calon pemimpin. Nah, apa saja syarat tersebut? 

#1

Kamu sebagai pemimpin harus bisa membimbing mereka supaya bisa melakukan tugas-tugas yang kamu delegasikan. Ketika ada batu sandungan di tengah perjalanan, kamu harus bisa membuat mereka belajar sampai benar-benar mahir. Sehingga bukan hanya sukses tapi mereka juga bisa berkembang. Ini yang paling penting!

#2

Seorang pemimpin harus optimis dalam melihat segala persoalan termasuk masa depan organisasi atau perusahaan. Sehingga orang-orang yang dipimpin tersebut juga bisa bekerja dengan baik dan benar. Untuk bisa meningkatkan kinerja mereka, kamu harus memberika motivasi yang kuat sehingga ada semangat untuk mencapai target dan ketentuan. 

#3

Seorang pemimpin juga harus terbuka dengan pendapat orang-orang yang kamu pimpin. kamu harus bisa menerima perubahan yang memang diperlukan. Kamu memang pemimpin, tapi ide dan kreatifitas bisa datang dari mana saja. Tugasmulah membuat mereka menjadi aktiv dan produktif. 


#4

Orang-orang yang kamu pimpin sering kali terbentur dengan berbagai kemungkinan yang mereka ramalkan atau perhitungkan. Tugasmu bukannya menjadi bingung dengan pertanyaan mereka yang menuntut jawaban tegas darimu. Tugasmu adalah memutuskan dan menyusun rencana A, B, C, dan D yang disesuaikan dengan segala kemungkinan tersebut. 

#5

Kepercayaan dari orang-orang yang kamu pimpin sangat penting. Apa jadinya kalau mereka sudah enggak percaya dengan kinerjamu, bahkan pribadimu. Perlakukan mereka secara adil dan buat mereka nyaman untuk menyatakan pendapatnya. 

#6

Pemimpin juga harus memiliki keinginan yang besar. Tugasmu merancang target yang besar tapi tetap realistis. Namun tanpa bantuan dari mereka keinginan yang luar biasa hebat tersebut enggak akan terlaksana. 

#7

Menjadi seorang pemimpin artinya kamu berada di posisi setahap lebih tinggin dari orang yang kamu pimpin. Kamu punya otoritas. Keputusanmu sulit untuk dibatalkan. Tapi bukan berarti kamu tertutup dengan hal-hal baru. Kamu harus terus belajar dan belajar lagi. Perkaya pengetahuan melalui diskusi, buku dan seminar. 

 

Syarat di atas harus dimilikimu sebagai pemimpin, atau calon pemimpin. Sehingga bukan hanya kesuksesan orang-orang yang kamu pimpin bisa tercapai, tapi juga bisa membuat mereka berkembang. 


Baca juga: Para Pemimpin Dunia yang Susah Dimatikan

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading