Sukses

Lifestyle

7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Lulus Kuliah

Fimela.com, Jakarta Buat kamu yang belum lulus kuliah, banyak hal yang harus kamu lakukan sebelumnya. Mulai dari hal yang sifatnya senang-senang sampai yang sifatnya serius dan berkaitan dengan pengembangan dirimu. Nah, apa saja yang harus kamu alami sebelum lulus kuliah?

#1

Bacalah buku tentang orang-orang yang bisa menginspirasimu. Kamu boleh baca novel atau komik yang sangat kamu sukai. Tapi kamu juga harus baca buku yang bisa memotivasimu untuk terus maju. 

#2

Selagi kamu masih muda, banyak-banyaklah bergaul dengan berbagai kalangan. Sehingga kamu bisa belajar lebih banyak dari mereka. Bukan hanya soal pelajaran, tapi juga soal kehidupan.

#3

Walaupun kamu belum lulus, enggak ada salahnya untuk mulai menyiapkan dirimu agar siap menghadapi dunia kerja setelah lulus nanti. Sehingga kamu enggak akan kaget pada saat kamu kerja. Paling enggak kamu punya gambaran dan sedikit pengalaman di dunia kerja. 

#4

Pilih salah satu hal yang menarik perhatianmu. Dan jangan hanya asal tahu, atau asal bisa. Tapi kamu harus terus memperdalam ilmunya hingga kamu sangat menguasai di bidang tersebut. Contohnya, kalau kamu suka melukis, belajarlah dan jadilah seorang master pelukis. Jangan melakukan sesuatu setengah-setengah. 

#5

Sebagian orang ogah berorganisasi. Padahal organisasi kampus bisa bikin kamu belajar tentang kepemimpinan, dan ini sangat berguna ketika kamu berada di dunia kerja nanti. 

#6

Kamu juga enggak bisa terus-terusan serius. Sekali-kali kamu boleh bersenang-senang. Cari teman sebanyak mungkin di kampus. Lakukan apa yang kamu sukai. 

#7

Sebaiknya selagi kamu masih muda dan belum disibukkan dengan pekerjaan, kamu bisa memanfaatkan waktu luangmu sebagai volunteer. Selain mengisi waktu luang, banyak hal yang bisa kamu pelajari. Bukan soal teori yang diajarkan di kelas, tapi juga soal nilai-nilai dalam kehidupan.

 

 

Nah itu dia ketujuh hal yang harus kamu lakukan dan alami sendiri sebelum kamu lulus kuliah. Kalau enggak hari-harimu di tempat kerja pada waktu mendatang enggak akan berjalan dengan mulus. 

 

Baca juga: Kamu Bisa Sering Datangi 5 Objek Wisata Ini Kalau Kuliah di Undip

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading