Sukses

Lifestyle

13 Fakta tentang Bahasa yang Belum Banyak Diketahui Orang

Fimela.com, Jakarta Bahasa adalah medium untuk mengungkapkan ide yang abstrak dan berkomunikasi. Coba bayangkan jika tidak ada bahasa di dunia ini. Pasti ribet. Tapi selama ini masih banyak yang belum tahu fakta-fakta dari bahasa yang sering diucapkan. Kali ini Bintang.com akan menampilkan beberapa fakta bahasa yang jarang diketahui orang. Cekidot!

Fakta #1

Fakta #1 | via: buzzfeed.com

Bahasa diperkirakan sudah ada selama manusia modern hidup. Banyak perdebatan pada titik ini. Beberapa orang berargumen kalau bahasa mungkin baru ada sekitar 40 sampai 50 ribu tahun terakhir (meski manusia modern sudah ada sejak lebih dari 100 ribu tahun yang lalu). Setidaknya, itu adalah ketika kemajuan budaya mulai mengambil tempat dalam kehidupan sehari-hari.

Fakta #2

Fakta #2 | via: buzzfeed.com

Homo erectus menggunakan alat yang sama selama 40 ribu generasi karena itulah yang baik untuk mereka atur tanpa bahasa. Homo erectus, spesies awal manusia yang dapat hidup panjang, membuat kapak yang sama untuk 40 ribu generasi.

Fakta #3

Tanpa bahasa, kita harus menemukan lagi budaya di setiap generasi. Salah satu keuntungan paling kuat dari bahasa adalah kita bisa lanjutkan pembangunan tanpa harus menemukan ulang roda. Contohnya, jika ada manusia yang pindah ke lingkungan baru dan menemukan sebidang lahan, mereka tidak bisa mengkomunikasikan kemajuan yang sudah diraih ke orang lain yang mungkin akan bergabung nantinya.

Fakta #4

Bahasa memperbolehkan kita untuk melakukan tawar-menawar satu sama lain. Hal ini adalah aspek paling penting dari membangun masyarakat yang jujur. Bahasa bangkit supaya divisi kerja dapat berlangsung dan struktur sosial dasar dapat dibangun. Contohnya, bayangkan kalau ada seseorang yang sangat jago membuat kapak dan yanng lainnya ada yang jago banget membuat keranjang. Jika keduanya ingin barang yang dibuat satu sama lain, mereka harus mengetahui berapa harga produk mereka. Di sinilah bahasa diperlukan.

Fakta #5

Fakta #5 | via: buzzfeed.com

Gak ada terlalu banyak suara yang tersedia untuk digunakan manusia. Perkiraan kasarnya, kemungkinan hanya ada 40 sampai 60 suara tersedia untuk digunakan oleh manusia dalam berkomunikasi (meski hal tersebut masih kontroversial dan sangat tergantung pada bagaimana seseorang mendefinisikan suara unik), karena kita semua memiliki alat yang sama untuk menghasilkan suara — pita suara, mulut, dan sebagainya.

Fakta #6

Fakta #6 | via: buzzfeed.com

Setiap bahasa mungkin berasal dari sumber yang sama. Terdapat beragam penelitian yang dilakukan untuk membuktikan ini menggunakan hal seperti motif geografis pada banyak suara dari berbagai bahasa yang ada.

Fakta #7

Bahasa berubah dengan cepat. Tapi itu bukanlah masalah karena kamu hanya benar-benar berbicara pada seseorang yang berada dua atau tiga generasi di atasmu. Salah satu hal penting dari bahasa adalah hal ini bagus untuk memancarkan informasi pada tiap generasi.

Fakta #8

Fakta #7 | via: buzzfeed.com

Faktanya, bahasa butuh jarak sekitar 500 tahun untuk menjadi tidak dimengerti satu sama lain. Sastrawan Chaucer menulis Canterbury Tales 600 tahun yang lalu dalam bahasa Inggris. Gambar di atas adalah kutipan tulisan asli dan tulisan yang sudah disesuaikan dengan bahasa Inggris masa kini.

Fakta #9

Fakta #9 | via: buzzfeed.com

Ada setidaknya 7000 bahasa hari ini, dan mungkin ada sebanyak 140 ribu bahasa dituturkan selama keberadaan manusia. Tapi hanya 10 bahasa yang aktif dituturkan oleh 50% populasi dunia. Ini hanyalah pecahan kecil dari jumlah bahasa yang mungkin ada di dunia.

Fakta #10

Suatu hari nanti, kita mungkin akan kembali mendapati manusia yang berbicara dalam satu bahasa. UNESCO memperkirakan setengah dari bahasa yang dituturkan sekarang mungkin punah di akhir abad.

Fakta #11

Fakta #11 | via: buzzfeed.com

Kita mungkin gak akan tahu sebagian besar evolusi bahasa. Akan sulit untuk kita benar-benar mengetahui segalanya tentang hubungan dari bahasa lebih dari 10 ribu tahun ke belakang. Sementara kita dapat mengelompokkan bahasa (menjadi Indo-Eropa, contohnya), mengerti hubungan dan sejarah yang menuntun ke kelompok tersebut adalah “sebuah pertanyaan yang akan luput”. Ini bagaikan melihat pada pucuk pohon evolusi yang rumit, namun dengan bagian bawah yang sudah terpotong 90%.

Fakta #12

Fakta #12 | via: buzzfeed.com

Kita mungkin bisa menggunakan informasi genetik untuk mengetahui bagian dari pohon evolusi tersebut.

Fakta #13

13 Things About Language That Will Leave You Speechless

Sayangnya, kita mungkin tidak akan pernah tahu apa kata pertama dari bahasa di dunia yang disebutkan.

 

Nah, itu dia fakta dari bahasa yang kita gunakan sehari-hari dan belum banyak diketahui orang.

 

Baca juga: 10 Fakta yang Bikin Kamu Melihat Makanan dengan Cara yang Berbeda

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading