5 Cara Jitu Belajar Bahasa Asing Tanpa Ambil Kelas Kursus

Cica09 Okt 2015, 20:40 WIB
Diperbarui 09 Okt 2015, 20:40 WIB
5 Cara Jitu Belajar Bahasa Asing Tanpa Ambil Kelas Kursus

Fimela.com, Jakarta Memperlajari bahasa asing dari negara lain di dunia bisa memberikan beberapa keuntungan pada diri sendiri. Misalnya, kamu bisa mendapatkan pekerjaan di negara yang kamu kuasai bahasanya, kamu bisa menambah teman, traveling tanpa dihadang kesulitan bahasa, dan lain sebagainya. Intinya, dengan kemampuan berbahasa asing yang baik, kamu bisa memperluas pergaulanmu.

Untuk memperlajari bahasa asing, kamu bisa mengambil kelas kursus di institusi pendidikan bahasa asing. Namun, untuk mempelajari bahasa asing melalui kursus kamu perlu merogoh kocek yang relatif dalam. Eits! Jangan sedih. Selain dari kursus, kamu masih bisa kok belajar bahasa asing. Gimana caranya? Nih, simak 5 poin berikut ini. :D

1. Tenggelamkan dirimu dalam-dalam ke bahasa yang ingin kamu kuasai. Beberapa orang berpendapat kalau untuk menguasai suatu bahasa, caranya adalah pindah ke negara di mana bahasa itu berasal. Namun, tak selalu demikian meski hal tersebut efektif. Kamu bisa melihat kesempatan belajar dengan percakapan panjang yang bisa mempengaruhi proses belajarmu.  Belajarlah melalui percakapan di film-film asing. Perhatikan pronounce-nya dengan baik. 

1. Tenggelamkan dirimu dalam-dalam ke bahasa yang ingin kamu kuasai. (Via: mashable.com)

2. Bicara dengan penduduk asli selama satu jam lebih berguna daripada belajar satu minggu di tempat kursus. Mungkin kamu berkesempatan mengunjungi negara asal bahasa yang ingin kuasai, gunakan kesempatan tersebut untuk mengobrol dengan penduduk lokal. Berikan penjelasan kepada mereka kalau kamu ingin belajar bahasanya. Biarkan mereka bercerita apa saja tentang dirinya, tak lupa kamu juga harus menanggapinya dengan bahasa yang sama. Namun, jika kamu belum memiliki kesempatan itu, pergilah ke tempat-tempat yang banyak orang asingnya. Tempat nongkrong, misalnya. Mulailah dengan obrolan ringan.

2. Bicara dengan penduduk asli selama satu jam lebih berguna daripada belajar satu minggu di tempat kursus. (Via: youtube.com)

3. Jangan batasi antara waktu luang dengan waktu belajar. Belajarlah tanpa batasan waktu. Bahkan saat waktu luang. Kamu bisa mengaplikasikan bahasa yang sedang kamu pelajari dengan orang sekitarmu. Meski mereka belum tentu mengerti, tapi setidaknya hal tersebut efektif dalam memantapkan kemampuan conversation-mu.

3. Jangan batasi antara waktu luang dengan waktu belajar. Belajarlah tanpa batasan waktu. (Via: english-skype-lesson.com)

4. Traveling-lah ke manapun yang kamu bisa. Jika belum bisa menetap di suatu negara, kamu bisa melancong ke mana pun untuk belajar berbagai bahasa. Meski tidak mendalami, namun perjalananmu bisa menambah wawasan terhadap bahasa asing. 

4. Traveling-lah ke manapun yang kamu bisa. (Via: blogstertrio.wordpress.com)

5. Atur kelas sendiri. Perlu diingat, yang paling penting adalah bagaimana cara yang kamu suka untuk belajar, bukan bagaimana kamu bisa belajar dengan baik. Sebab, jika kamu menikmati proses belajar, sesulit apapun, cepat atau lambat kamu bisa menguasainya dengan baik. Ketimbang kamu memikirkan bagaimana caranya bisa belajar dengan cara terbaik. Pergilah ke sebuah taman, mendengarkan musik dalam bahasa baru. Bertemu dengan seorang teman asal negara asli juga bisa menenggelamkan diri dalam proses belajar yang asyik.

5. Atur kelas sendiri. (Via: zibakade.com)

Selamat belajar bahasa asing! :D

Baca juga: Yuk! Belajar Meniru Suara Hewan dengan Berbagai Bahasa di Dunia