Sukses

Lifestyle

3 Cara Atasi Rasa Kesepian Akut

Fimela.com, Jakarta Rasa sepi adalah wajar dan kerap melanda setiap orang. Sebenarnya kesepian adalah perasaan yang sangat subjektif. Kamu bisa saja berada di tengah-tengah banyak orang. Tapi, perasaanmu dengan mereka enggak bisa terkoneksi dengan baik. Ini yang menjadi penyebab rasa kesepian muncul, dan kamu merasa kosong seakan hanya sendirian. 

Masalahnya, rasa kesepian ini memiliki level. Tingkat kesepian yang akut bisa menimbulkan depresi dan bahkan ada kecenderungan untuk bunuh diri. Dalam situs TED, efek jangka panjang orang yang terus-terusan kesepian bisa mengganggu kesehatan dan meningkatkan kemungkinan untuk mati muda 26%. 

Untuk itu, rasa kesepian yang berlebihan harus ditangani. Seorang psikolog Amerika, Guy Winch, memberikan tiga solusi yang tepat untuk mengatasi rasa kesepian akut. Buat kamu yang penasaran, langsung simak bahasannya berikut ini. 

Terima dulu rasa sepi itu. Banyak orang yang enggak bisa menerima rasa sepinya dan malah berdiam diri. Hal ini justru akan membuatmu semakin merasa kesepian. Sebaiknya kamu cari kontak orang-orang yang sudah lama kamu enggak hubungi. Bisa dari surat elektronik, ponsel, buku telepon, dan buku tahunan sekolah. Menghubungi teman yang sudah lama enggak kamu temui bisa membuka peluang untuk berbicara dengan orang lain. Sehingga kamu enggak lagi merasa kesepian.

Terima alasan orang-orang yang sudah semakin menjauh. Cara yang kedua, kamu harus menerima alasan kenapa orang menjauh darimu. Bisa jadi karena mereka sudah berkeluarga sekarang, sibuk dengan pekerjaan, atau sudah pindah tempat tinggal. Dengan memahaminya, kamu akan lebih mengerti kenapa mereka meninggalkanmu. Dengan begitu, kamu akan bisa menerima dan berlapang dada. Rasa kesepianmu pun akan hilang seiring berjalannya waktu. 

Cobalah untuk berpikir positif. Cara yang ketiga adalah dengan berpikir positif. Yakinkan dirimu untuk tetap tegar meskipun orang-orang terdekat sudah berada jauh dari sisimu. Jangan pernah merasa kalau kamu enggak bisa tanpa mereka. Karena setiap orang punya kekuatannya masing-masing. Dengan memiliki kekuatan ini, kamu akan bisa hidup tanpa beban lagi. Dan kamu akan merasa lebih baik di hari-hari berikutnya. 

Ketiga cara ini sangat ampuh untuk menganggulangi kesepian yang meraja dalam diri. Jangan sampai kamu menunggu tingkat kesepian semakin akut. Ketika kamu kesepian, cobalah untuk berpikir positif dan menerima keadaan. Dengan begitu, perlahan-lahan rasa sepi akan pergi dan berganti dengan rasa hangat yang muncul dari keberanianmu. 

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kesepian Usai Berpisah dari Pasangan

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading