Sukses

Lifestyle

5 Hutan di Indonesia yang Harus Kamu Jelajah Minimal Satu Kali

Fimela.com, Jakarta Indonesia memang paket perjalanan paling lengkap di Bumi. Kamu bisa rasakan berbagai panorama alam yang berbeda di tiap daerah. Mencicip megahnya kota metropolis, gunung-gunung dengan pesona ketinggian yang tak terelakkan, jernihnya air laut, juga nuansa terbius oleh 'suara' hutan belantara.

Disebut sebagai paru-paru dunia, Indonesia punya sederet hutan dengan eksotisme mutlak. Mulai dari julangan pohon yang membuat sinar matahari 'berlomba' untuk menelesak masuk, jalaran akar hingga ke jalan setapak, hingga 'penduduk' lokal. Berikut hutan-hutan di Indonesia yang wajib dijelajah minimal satu kali seumur hidup.

Hutan Lore Rindu. Hutan yang berjarak sekitar 50 kilometer dari kota Palu, Sulawesi Tengah, ini bisa dijelajah dengan 2 cara, yakni jalan kaki atau naik kuda dengan rute Gimpu-Besoa-Bada selama 3 hari dan Saluki-Danau Lindu selama sehari. Tak hanya kaya akan keragaman hayati, hutan ini juga punya kumpulan batuan megalitikum.

Hutan Lore Rindu. | via: noenkcahyana.blogspot.com

Hutan Bukit Bingkarai. Berada di kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, hutan ini punya suguhan keindahan alam hutan tropis dan jembatan kanopi. Melakukan perjalana ke jembatan kanopi, kamu akan melalui jalan setapak yang dikukung oleh pepohonan besar dan aroma lembab khas hutan yang mungkin tak akan kamu dapatkan di tempat lain.

Hutan Bukit Bingkarai. | via: topindonesiaholidays.com

Hutan Afrak. Berlokasi di Papua Barat, hutan ini sudah menarik banyak wisatawan lokal maupun asing. Jadi tempat terbaik untuk menikmati berbagai satwa liar yang jarang ditemukan di tempat lain membuat penjelajahan di Hutan Arfak kian menarik. Ketika melakukan perjalanan di malam hari dengan penduduk lokal sebagai penunjuk jalan, kamu bisa bersua dengan binatang-binatang malam, seperti burung hantu dan kuskus.

Hutan Afrak. | via: quentingaudilliere.com

Hutan Halimun Salak. Jadi kawasan hutan hujan yang tersisa di Jawa Barat, Halimun Salak wajib dikunjungi bagi kamu yang ingin merasakan nuansa belantara di pulau Jawa. Popular untuk trekking, kamu akan jumpai tanah gembur, pohon-pohon tinggi besar, sungai, mata air pegunungan yang segar, sambil diselingi oleh suara burung sesekali.

Hutan Halimun Salak. | via: natureincarnate.tumblr.com

Hutan Kayan Mentarang. Lokasi situs arkeologi utama di Kalimantan, Hutan Kayan Mentarang jadi rumah bagi beberapa satwa langka, yakni macan dahan, beruang madu, lutung dahi putih, dan banteng. Tak hanya itu, ada sekitar 20.000-25.000 warga suku Dayak Kenyah, Punan, Lun Daye, dan Lun Bawang yang hidup di sekitar taman nasional.

Hutan Kayan Mentarang. | via: borneotourgigant.com

Merasakan sensasi menyatu dengan hutan Indonesia memberi berbagai pengalaman tak terlupakan. Meski punya segudang risiko, namun tawaran ekotismenya benar-benar setimpal. Selama kamu hati-hati dan mengikuti semua prosedur, bahaya akan ada di tingkat paling minimal. Kalau punya rekomendasi hutan lain di Indonesia, langsung tuliskan di kolom komentar saja.

 

Baca Juga: Tak Hanya Cantik, 4 Pantai di Indonesia Ini Juga Punya Air Terjun

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading