Sukses

Lifestyle

11 Langkah Sederhana untuk Menemukan Bakatmu

Fimela.com, Jakarta Jika kamu sampai sekarang belum menemukan apa bakatmu, tak peduli berapa usiamu sekarang, mungkin sekarang saatnya berhenti dan mencari tahu siapa dirimu sebenarnya. Ini memang terdengar sulit — dan benar sulit — namun pikirkan ini secara logis. Kamu akan menyadari kalau semakin kamu menghindarinya, kamu akan semakin lama terjebak di siklud keraguan dan kebingungan yang sama tentang kemana hidup akan kamu bawa. Untuk membantumu, berikut Bintang.com akan tampilkan langkah-langkah untuk membantu menemukan apa sebenarnya bakatmu. Cekidot!

Ingat kembali semua mimpimu Yang perlu dilakukan pertama kali adalah mengingat kembali semua mimpi yang pernah kamu miliki selama hidup. Dari masa kecilmu, masa sekolah, masa kuliah, dan akhirnya masa dewasamu. Tuliskan mimpi-mimpi itu.

Langkah 1 | via: pinterest.com

Pisahkan ’ingin memiliki’ dan ’ingin menjadi’ Setelah kamu menuliskan semua mimpimu, kamu perlu memisahkan mereka ke dalam 2 kategori. Yaitu mimpi ’ingin memiliki’ (mendapatkan sesuatu yang tidak kamu miliki sekarang) dan mimpi ’ingin menjadi’ (membuatmu mendapatkan sebuah peran baru dalam hidup). Sekarang tuliskan mimpi ’ingin menjadi’ saja karena kita akan mengerjakan jenis yang itu.

Langkah 2 | via: pinterest.com

Apa yang memprovokasi sebuah reaksi pada dirimu? Ingatkah kalau kamu pernah merasakan kegembiraan yang menggetarkan ketika melihatorang lain memenuhi peran tertentu dalam hidup? Jika kamu ingin merasakan berada pada posisi mereka, tuliskan hal tersebut.

Langkah 3 | via: pinterest.com

Apa hal yang kamu gemari? Catat aktivitas atau hobi apapun yang kamu gemari di masa lalu. Apa yang suka kamu lakukan ketika masih kecil, remaja, atau sebagai orang dewasa? Dan apa yang kamu suka lakukan sekarang?

Langkah 4 | via: pinterest.com

Buang apa yang gak kamu perlukan Lihat semua yang sudah kamu tuliskan sejauh ini. Pikirkan tentang setiap mimpi ’ingin menjadi’ dan lihatlah mana yang masih menyebabkan reaksi emosional padamu — rasa kegembiraan yang sudah dijabarkan pada langkah ketiga di atas. Sekarang bayangkan dirimu dalam peran itu. Apa yang akan kamu lakukan saat ini juga jika kamu berada dalam peran tersebut dan bagaimana perasaanmu? Perhatikan seberapa kuat reaksi emosionalmu dalam membayangkan dirimu pada berbagao peran. Evaluasi kekuatan reaksimu untuk masing-masing hal tersebut dengam skala 1 sampai 10.

Langkah 5 | via: pinterest.com

Coret yang terburuk Sekarang coret semua mimpi ’ingin menjadi’ yang kamu beri evaluasi terendah pada langkah sebelum ini. Ini adalah mimpi yang bisa kamu lepaskan sekarang — sangat jelas kalau hal-hal tersebut tidak terlalu berarti seperti yang pernah kamu lakukan di masa lalu dan kamu gak memerlukan mereka lagi.

Langkah 6 | via: pinterest.com

Kelompokan semua bersama Jadi, sekarang kamu memiliki daftar tujuan nyata dan sebenarnya dalam hidupmu. Pada saat ini mereka bercampur aduk bersama dalam sebuah daftar. Lihatlah daftar tersebut dengan teliti dan tanyakan pada dirimu — mana mimpi yang bisa dikelompokan bersama. Mana yang saling terhubung atau secara esensial sangat mirip.

Langkah 7 | via: pinterest.com

Beri nama pada setiap kelompok Lihat lebih dekat pada setiap kelompok yang kamu buat dan berikan nama pada masing-masing. Setiap nama harus mengatakan sesuatu tentang salah satu bakat dari lahir yang membawa ke mimpi yang terkoneksi satu sama lain.

Langkah 8 | via: pinterest.com

Cari koneksi di antara kelompok tersebut Kita hampir sampai! Sekarang kamu hanya perlu mencari tahu apa yang tersambung satu sama lain dengan kelompok berbeda. Pikirkan tentang bagaimana eksistensi satu kelompok mendukung eksistensi yang lain. Ini hampir bisa menunjukan bahwa terdapat koneksi di antara kelompok tersebut.

Langkah 9 | via: pinterest.com

Cari saluran bagi bakatmu Pikirkan dan tuliskan semua kemungkinan dari menyadari mimpimu di kehidupan nyatanya. Area profesional dan kehidupan pribadi yang kita bicarakan di sini? Aktivitas jenis apa yang terlibat. Apakah mimpi dan bakatmu sudah menunjang lebih dari satu area aktivitas atau profesi. Semakin banyak ide yang datang padamu semakin baik.

Langkah 10 | via: pinterest.com

Tetapkan tujuan hidupmu Jadi sekarang kamu sudah memiliki daftar saluran potensi dari mimpi dan bakatmu. Evaluasi-lah setiap skenario pada skala 1 sampai 10 — dari yang tidak terlalu menarik hingga yang paling menarik.

Langkah 11 | via: pinterest.com

 

Sekarang harusnya sudah jelas tujuan konkret yang perlu kamu jalani untuk menerima apa yang benar-benar kamu minati. Jika kamu bisa sampai ke sana, kamu bisa memastikan kalau pencapaian dari mimpi ini akan membawamu pada kebahagiaan dalam hidup. Karena ketika kamu tahu apa bakatmu dan memiliki kesempatan untuk menyadarinya, kamu akan merasa lebih percaya diri dan antusias. Semoga langkah-langkah di atas bisa berguna ya untukmu. :)

 

Baca juga: 3 Langkah Ampuh Membasmi Mata Sembab

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading