Sukses

Lifestyle

4 Fakta Unik Jerawat yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Terbebani karena jerawat? Kamu bukan satu-satunya orang yang sangat kesal setiap kali jerawat muncul. Soalnya, di Amerika Serikat saja ada 40-50 juta orang yang berjerawat. Tentunya dengan kadar dan jenis jerawat yang beragam. Banyak orang yang meskipun sudah merawat wajahnya, tetap saja jerawatan, walaupun tidak terlalu banyak dan parah. 

Jerawat biasanya timbul karena kamu, para perempuan, sedang datang bulan. Atau bisa juga karena stres, pori-pori yang tertutup bakteri serta kotoran, hingga genetik. Sebelum memerangi jerawat yang membandel, ada baiknya mengetahui beberapa fakta unik tentang jerawat di bawah ini. 

Jerawat bisa muncul tanpa mengenal umur. Mungkin kamu berpikir kalau hanya remaja yang berjerawat. Menurut American Academy of Dermatology (AAD), jerawat yang kebanyakan orang kira hanya menyerang remaja, ternyata juga bisa menyerang orang-orang berumur 30 hingga 50-an tahun. Jerawat diusia dewasa paling banyak menyerang kaum perempuan. Terutama saat-saat menjelang menopause. 

Tipe-tipe jerawat. Ternyata tidak semua jerawat sama. Ada enam tipe jerawat yang mungkin belum kamu ketahui. Whiteheads dan blackheads, yang biasanya muncul karena pori-pori yang tersumbat. Papula, jerawat timbul yang biasa kamu lihat. Ada juga jerawat yang disertai nanah putih yang dinamakan pustula. Selain itu juga ada jenis bintil dan cyst yang tumbuh dari dalam kulit. Kedua jenis jerawat ini rasanya sangat menyakitkan. 

Berolahraga ternyata bisa bikin jerawat punggung tambah parah. Kalau kamu suka berolahraga, hati-hati jerawat punggungmu akan bertambah parah. Keringat yang keluar di bagian punggungmu ternyata menjadi salah satu penyebabnya. Tapi jangan khawatir, karena Amy Kim, MD, seorang dokter kulit dari Emory University Hospital di Atlanta memiliki solusinya. "Setiap kali habis berolahraga, gunakan sabun khusus antibakteri yang bisa kamu beli di apotek atau klinik kecantikan. Agar bakteri tidak bersarang pada kulitmu."

Terlalu bersih juga bisa menimbulkan jerawat. Banyak orang yang membersihkan kulit wajahnya sesering mungkin. Sampai-sampai mencuci wajah sampai tiga kali dalam sehari. Bahkan ada yang lebih! Terlalu banyak membersihkan wajah ternyata bisa memperburuk kondisi kulitmu. Karena jerawat tidak hanya timbul karena kulit yang kotor. Makanya, membersihkan wajah cukup dua kali sehari dengan sabun wajah yang ringan. Jangan pernah lebih. 

Nah, itu dia empat fakta unik tentang jerawat yang perlu kamu ketahui. Dengan begini, kamu bisa mencari solusi yang paling tepat untuk jenis jerawatmu. Janga lupa konsultasikan kondisi kulitmu kepada dokter yang terpercaya. 

Baca juga: 10 'Beauty Vloggers' Ini Ternyata Punya Wajah Penuh Jerawat

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading