Sukses

Lifestyle

Max Gunawan, Pengusaha Asal Jakarta yang Sukses di Amerika

Fimela.com, Jakarta Wajahnya tampan dan bersih. Namanya Max Gunawan, warga Indonesia asal Jakarta yang telah lama menetap di Amerika Serikat sejak 16 tahun yang lalu. Pemikiran kecil yang membatasi angan untuk berkarir dan sukses di negeri orang ternyata telah berhasil dipatahkan Max. Dengan Lumio, sebuah lampu baca yang bisa di bawa kemana-mana, nama Max besar di dunia internasioanl.

Lumio ciptaannya itu unik. Bukan hanya desainnya yang sederhana tapi sangat berguna bagi masyarakat, tapi juga bentuknya sangat menarik. Lumio sekilas hanya sebuah barang berbentuk persegi. Tapi begitu kamu membukanya, ternyata lampu tersebut berbentuk buku yang terang benderang. Lumio berhasil menarik banyak perhatian investor. Max pertama kali mendapatkan modal pertamanya dari sebuah situs pencari modal, Kick Starter. 

Max Gunawan, Pengusaha Asal Jakarta yang Sukses di Amerika | via: inc.com

Ide yang ternyata berhasil menjawab kebutuhan banyak orang ini ternyata juga menarik minat lima investor pada acara reality show Shark Tank di ABC TV. Pada acara ini, Max menawarkan Lumio kepada kelima investor untuk mendapatkan suntikan modal yang lebih banyak lagi. 

Meski kini Max bersama Lumio telah sukses dan hampir dikenal seluruh dunia, pria yang sebelumnya merupakan seorang arsitek di San Francisco, Amerika Serikat, ternyata memiliki perjalanan yang sulit sebelumnya. Dia dibesarkan oleh orangtua dan dididik untuk menjadi pekerja kantoran. Tapi, dia merasa tidak bahagia dan akhirnya memutuskan untuk menjadi pengusaha. 

Max Gunawan, Pengusaha Asal Jakarta yang Sukses di Amerika | via: designboom.com

Keputusan yang besar ini tidak dia sia-siakan. Kerap kali dia berpikir, "bagaimana jika nanti saya gagal?" Tapi dia pada saat itu tidak punya pilihan lain. Max tidak bahagia dengan pekerjaannya. Dia harus menciptakan sesuatu yang berguna. Max terus berpikir, apa yang bisa dia ciptakan. Sesuatu yang sederhana, namun bermanfaat. Maka lahirlah Lumio. 

Kesuksesan ini ternyata tak membuatnya puas dan berhenti sampai di sini. Max kemudian meluncurkan Lumio versi mini yang sekaligus bisa menjadi charger ponsel. Tidak hanya itu, Max kini sedang mengembangkan desain furnitur multifungsi yang cocok untuk digunakan di ruangan sempit.

Max bukan satu-satunya orang Indonesia yang sukses di negeri orang. Tapi semangat dan kerja keras serta kegigihan telah membawa pria muda Indonesia ini mengharumkan Tanah Air. Max kepada salah satu media online lokal mengatakan, "kesuksesan bukanlah konsep yang statis. Kesuksesan hanya sementara. Hanya karena kamu sukses, kamu tidak boleh kehilangan misi untuk masa depan."  

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading