Sukses

Lifestyle

Waspada! Makanan Ini Bisa Picu Kanker Payudara

Fimela.com, Jakarta Kanker payudara ternyata tak hanya menyerang wanita. Ditemukan bahwa, 1 dari 100 laki-laki pun berpotensi terkena kanker payudara. Fakta menyebutkan, 70 persen dari jumlah kasus penderita kanker payudara berasal dari negara-negara berkembang.

Yayasan Kanker Indonesia telah memberikan pedoman mendeteksi kanker yang disebut WASPADA. W (waktu buang air kecil: adakah gangguang atau perubahan kebiasaan?), A (alat cerna terganggu atau sukar menelan), S (suara serak atau batuk yang tak kunjung sembuh), P (payudara atau bagian lain memperlihatkan benjolan), A (andeng-andeng (tahi lalat) yang berubah sifat, makin besar atau gatal), D (darah atau lendir yang tidak normal yang keluar dari tubuh), A (adanya luka yang tak mau sembuh).

Para peneliti sepakat, kanker payudara bisa disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Bahkan, makanan yang kamu konsumsi sehari-hari mungkin bisa memicu kanker pada payudara. Yuk, disimak makanan yang perlu kamu waspadai!

Makanan yang digoreng dengan suhu tinggi| via:youtube.com

Makanan yang digoreng. Makanan ini berbahaya karena memiliki kandungan formaldehida. Sayangnya, mengonsumsi makanan yang digoreng dengan suhu tinggi mungkin sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Atau mungkin, kamu sering memakannya di restoran favoritmu?

Kedelai| via: manfaatdaun.com

Kedelai. American Cancer Society memperingatkan untuk tidak mengonsumsi makanan ini secara berlebihan. Disebutkan, hormon estrogen-phytochemical yang ada dalam kedelai berkaitan dengan sel kanker payudara. Wanita yang sudah memiliki kanker payudara pun harus menghindari produk yang menggunakan bahan kedelai karena bisa memperburuk keadaan mereka.

Daging | via: blackhawksfootball.com

Daging. Cancer Research UK mengatakan bahwa mengonsumsi daging bisa memicu kanker payudara. Memakan daging merah, daging sapi yang digoreng, atau daging olahan secara berlebihan dari waktu ke waktu sangat tidak disarankan. Lebih baik memilih daging putih, yakni daging ikan dan dada ayam.

GMO | via: modernfarmer.com

GMO. Biasa dikenal dengan organisme hasil rekayasa genetik. Produk ini sulit dihindari karena sering kali digunakan sebagai pelengkap suatu makanan. Waspadai juga, mengonsumsi GMO bisa mengakibatkan tumbuhnya tumor.

Kafein | via: jejamo.com

Kafein. Banyak yang mengatakan bahwa mengonsumsi kopi dapat menyebabkan kanker payudara. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena faktanya, minuman yang mengandung kafein tinggi dapat meningkatkan resiko terena tumor payudara jinak (non-kanker). Benjolan tersebut biasa juga dikenal sebagai fibrokistik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading