Sukses

Lifestyle

Kenali 5 Macam Bau pada Vagina Menurut Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu mendengar, vagina ternyata memiliki bau yang khas. Ternyata, bau vagina ini beragam, lho. Tapi, jangan sampai kamu berpikir setiap vagina yang berbau tidak normal dan berpenyakit. Karena vagina yang sehat juga mengeluarkan bau yang khas. Tingkatnya pun berbeda-beda tiap harinya, tergantung seberapa aktif kamu menjalani aktivitas. 

Meskipun begitu, ada beberapa macam bau yang tidak normal pada vagina. Biasanya bau yang menyengat ini merupakan tanda tumbuhnya bakteri, virus, jamur, atau bahkan penyakit kelamin. Supaya kamu bisa mencegah penyakit yang berbahaya, kenali dulu lima macam bau pada vagina yang tidak wajar di bawah ini. 

Bau ikan. Jika vaginamu berbau menyengat, bahkan berbau ikan busuk, mungkin ada infeksi yang terjadi di dalam vaginamu. Biasanya, bau yang menyengat ini juga diikuti dengan keputihan. Nah, kamu juga harus kenali warna keputihannya. Soalnya, warna dan bau menentukan penyakit dan penyebab infeksi vagina. Misalnya, jika baunya sangat menyengat seperti bau busuk, serta keluar keputihan yang warnanya hijau, kamu harus periksa ke dokter. Mungkin saja ini pertanda kalau kamu terkena trichomoniasis. 

Kenali 5 Macam Bau pada Vagina Menurut Kesehatan | via: happsters.com

Bleachy atau berbau seperti klorin. Biasanya, para perempuan menyebutnya bleachy atau berbau seperti klorin. Biasanya, bau ini muncul setelah kamu bercinta menggunakan pelumas tertentu. Baik menggunakan kondom atau pun tidak, bau ini sangat wajar. Jadi, kamu tidak usah khawatir jika setelah bercinta vaginamu berbau seperti klorin. 

Kenali 5 Macam Bau pada Vagina Menurut Kesehatan | via: thoughtcatalog.com

Berbau seperti jamur. Normalnya, di dalam vaginamu memang terdapat banyak bakteri baik dan juga jamur yang melindungimu dari kuman dan bakteri jahat dari luar. Tapi, ketika jamur tumbuh terlalu banyak, maka kemungkinan akan muncul infeksi pada vaginamu. Infeksi yang disebabkan oleh jamur ini biasanya menimbulkan bau. Meskipun tidak terlalu menyengat, tapi sebaiknya kamu periksakan ke dokter. Karena pertumbuhan jamur yang terlalu banyak juga bisa mengganggu kesehatan. 

Kenali 5 Macam Bau pada Vagina Menurut Kesehatan | via: blog.opentreeoflife.org

Bau seperti darah. Kalau kamu kadang mencium bau yang berbeda, seperti darah pada waktu-waktu tertentu setiap bulannya, jangan terlalu khawatir. Karena pada masa mesntruasi, darah kotor yang keluar dari vagina yang sehat akan menimbulkan bau yang sedikit berbeda. Tenang saja, bau seperti normal sebelum, pada saat, serta usai masa menstruasi. 

Kenali 5 Macam Bau pada Vagina Menurut Kesehatan | via: huffpost.com

Bau manis. Apa yang kamu makan ternyata juga memengaruhi bau dan rasa cairan yang keluar dari vaginamu. Buah seperti jeruk, nanas, dan anggur dikenal dapat membuat vaginamu wangi. Sedangkan, kalau kamu terlalu banyak mengonsumsi bawang-bawangan, brokoli, dan asparagus, akan membuat vaginamu berbau tak sedap. 

Kenali 5 Macam Bau pada Vagina Menurut Kesehatan | via: sunpride.co.id

Itu dia lima macam bau pada vaginamu. Tidak semua perempuan paham bagaimana seharusnya bau normal pada vaginanya. Sebagian mereka bahkan tidak peduli jika vaginanya berbau tak sedap. Hingga tingkat keparahan penyakitnya meningkat. Nah, kalau kamu merasa muncul bau yang tak sedap, segeralah periksakan ke dokter. Agar cepat ditangani dengan tepat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading